Tanfīż nasyāṭ “Tasyjī‘ al-Lugah” al-khārijī fī mahārah al-lugah al-‘Arabiyyah ladai talāmīż al-faṣl al-ḥādiya ‘asyara bi al-madrasah al-‘āliyah al-dīniyyah al-ḥukūmiyyah Surakarta: dirāsah taḥlīliyyah ‘an istī‘āb mahārah al-kalām
Farihin, Hilmy Iqbal (2011) Tanfīż nasyāṭ “Tasyjī‘ al-Lugah” al-khārijī fī mahārah al-lugah al-‘Arabiyyah ladai talāmīż al-faṣl al-ḥādiya ‘asyara bi al-madrasah al-‘āliyah al-dīniyyah al-ḥukūmiyyah Surakarta: dirāsah taḥlīliyyah ‘an istī‘āb mahārah al-kalām. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
063211052_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (662kB) | Preview
063211052_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (196kB) | Preview
063211052_Bab2.pdf - Draft Version
Download (291kB) | Preview
063211052_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (127kB) | Preview
063211052_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (323kB) | Preview
063211052_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (78kB) | Preview
063211052_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (198kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler “Tasyji’ Lughah” pada keterampilan berbicara bagi siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Program Keagamaan Surakarta tahun ajaran 2010/2011?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan Ekstrakurikuler “Tasyji’ Lughah” pada keterampilan berbicara bagi siswa kelas XI putra dan putri di Madrasah Aliyah Program Keagamaan Surakarta.
Jenis penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif, dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi untuk pengumpulan data. Dalam analisis data, peneliti menggunakan metode analisis data dan analisis deskriptif, yaitu menggambarkan apa adanya tanpa menambahi atau mengurangi.
Adapun hasil dari penelitian ini bahwasannnya pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler “Tasyji’ Lughah” pada keterampilan berbicara bagi siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Program Keagamaan Surakarta sukses dan sempurna. Adapun buktinya adalah kegiatan ekstrakurikuler “Tasyji’ Lughah” pada keterampilan berbicara bagi siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Program Keagamaan Surakarta berjalan dengan baik, seperti pada persiapan, proses pembelajaran, dan evaluasi. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler “Tasyji’ Lughah” ini penting untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Dan untuk meningkatkan siswa dalam penguasaan berbicara dengan benar, dan membuat kalimat dari mufrodat-mufrodat menjadi paragraf, dan dari paragraf menjadi bacaan yang baik dan bermakna.
Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler “Tasyji’ Lughah” sangat dibutuhkan untuk menjadikan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan, dan memotivasi siswa, serta menggerakkan siswa agar berbicara dengan benar sehingga proses pembelajaran menjadi efektif.
Faktor yang mempengaruhi suksesnya kegiatan ekstrakurikuler “Tasyji’ Lughah”yaitu guru, siswa, dan suasana lingkungan. Dan faktor yang mempengaruhi terhambatnya kegiatan ini adalah latar belakang pendidikan siswa yang heterogen dari segi daya pikir dan status sosial.
Dan hasil keterampilan berbicara bagi siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Program Keagamaan Surakarta dengan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler “Tasyji’ Lughah” adalah baik sekali. Ini menunjukkan suksesnya pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler “Tasyji’ Lughah” dalam meningkatkan keterampilan berbicara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kegiatan Ekstrakurikuler; Keterampilan Berbicara; Bahasa Arab |
Subjects: | 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 12 Sep 2014 08:37 |
Last Modified: | 12 Sep 2014 08:37 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2555 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year