Pengembangan desain komunikasi visual akun Instagram @muslimahkaff_community sebagai media dakwah

Jannah, Efi Nur (2024) Pengembangan desain komunikasi visual akun Instagram @muslimahkaff_community sebagai media dakwah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701026142_Efi_Nur_Jannah] Text (Skripsi_1701026142_Efi_Nur_Jannah)
Skripsi_1701026142_Efi_Nur_Jannah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dikutip dari website Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), hasil survey tingkat penetrasi internet Indonesia 2024 yang dirilis APJII mencapai angka 79,5%. Merujuk dari data beritasatu.com, bahwa pengguna media sosial di Indonesia semakin meningkat, sehingga bagi para pendakwah dibutuhkan kemampuan yang lebih kreatif dan inovatif dalam pembuatan konten dakwah. Dengan pesatnya era teknologi ini para pendakwah bisa menggunakan desain komunikasi visual berupa poster sebagai salah satu media visual untuk menyampaikan pesan dakwahnya dengan kreatif. Desain komunikasi visual pada akun Instagram @muslimahkaff_community dikembangkan karena belum memenuhi komposisi desain komunikasi visual yang baik. Dimana pengelolaan desain komunikasi visual dari akun tersebut masih terlihat monoton dan kurang kreatif. Dilihat dari pemilihan warna desain, font tulisan, dan gambar ilustrasi yang dipakai kurang menarik, sehingga kurangnya timbal balik dari para mad’u atau follower dan dilihat dari jumlah jama’ah yang bergabung dalam kajian dan like maupun komentar dalam setiap postingannya masih sedikit. Desain komunikasi visual pada akun Instagram @muslimahkaff_community dilakukan pengembangan guna meningkatkan konten dakwah berupa poster di media sosial instagram semakin meningkat dan juga layak. Sehingga pesan dakwahnya tersampaikan dengan baik, dan mudah difahami oleh mad’u.
Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian dan pengem bangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Responden penelitian adalah follower akun Instagram @muslimahkaff_community berjumlah enam orang ditentukan secara acak dan penilaian oleh dua ahli, ahli desain dan ahli materi. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif.
Hasil penelitian dan pengembangan menghasilkan produk poster dakwah yang layak dipublikasikan. Kelayakan produk poster yang telah dikembangkan dan diterapkan berdasarkan pertimbangan oleh dua ahli, ahli desain dan ahli materi yang rata-rata mendapatkan penilaian baik dan layak untuk dipublikasikan. Adapun untuk responden enam follower dari akun Instagram @muslimahkaff_community rata-rata menilai poster dakwah sudah bagus dan layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Desain; Komunikasi visual; Instagram; Media dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Annisa Fitriani Nurqolbi
Date Deposited: 09 Jan 2025 08:55
Last Modified: 09 Jan 2025 08:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25550

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics