Bimbingan konseling Islami dalam membantu perkembangan sosial-emosional Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SDLB Bina Citra Kabupaten Pati
Amini, Nurul Mut (2024) Bimbingan konseling Islami dalam membantu perkembangan sosial-emosional Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SDLB Bina Citra Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1901016079_Nurul_Mut_Amini.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (969kB)
Abstract
Anak Berkebutuhan Khusus merupakan anak dengan kebutuhan dan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak-anak pada umumnya. Keterbatasan yang dimiliki anak berkebutuhan khusus secara otomatis juga menyebabkan adanya hambatan yang membuat permasalahan itu timbul. Masalah sosial-emosional pada anak berkebutuhan khusus (ABK) ditandai dengan adanya anak-anak yang murung, sulit bergaul, dan menyakiti diri sendiri, ini disebabkan karena kurangnya dukungan, pengalaman traumatis, maupun kurangnya keterampilan sosial-emosional. SDLB Bina Citra melakukan bimbingan konseling Islam dalam membantu perkembangan sosial emosional anak berkebutuhan khusus. Tujuannya adalah pertama, untuk mengetahui bagaimana pelaksaan kegiatan BKI dan kedua, untuk mengetahui kondisi ABK setelah mengikuti kegiata BKI di SDLB Bina Citra Pati.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan bimbingan konseling Islami di SDLB Bina Citra Kabupaten Pati, dilakukan secara individu dan disesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan dari keterbatasan anak berkebutuhan khusus. Bimbingan konseling Islam di SDLB Bina Citra Kabupaten Pati juga dilaksanakan secara efektif pada hari kamis-jumat dan berkelanjutan dengan tahap-tahap yang sesuai dengan prosedur. 2) Kondisi perkembangan sosial emosional anak berkebutuhan khusus (ABK) di SDLB Bina Citra Kabupaten Pati dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor-faktor tersebut meliputi jenis ketunaan, bimbingan dan konseling yang diterima, faktor lingkungan, dan karakteristik individu. Hal tersebut terbukti dengan adanya kondisi pemahaman anak tentang ajaran Islam, akhlak, dan karakter anak yang terus berkembang. Perkembangan tersebut dapat berupa kemampuan anak dalam menyelesaikan masalah sosial dan emosional; peningkatan kepercayaan diri anak; berkembangnya motivasi belajar anak; berkembangnya hubungan yang positif antara anak dengan guru, orang tua, dan teman sebaya. ABK yang telah mendapatkan bimbingan dan konseling Islam umumnya menunjukkan perkembangan sosial-emosional yang lebih stabil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak Berkebutuhan Khusus; Bimbingan Konseling Islam; Perkembangan Sosial Emosional; Anak |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) |
Depositing User: | Keisha Ainaya Fatikha |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 07:17 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 07:17 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25602 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year