Strategi dakwah dalam rubrik hikmah media online smol.id
Mahendra, Eka Dias Putra (2024) Strategi dakwah dalam rubrik hikmah media online smol.id. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1801026156_Eka_Dias_Putra_Mahendra.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Kegiatan dakwah mengalami sebuah perkembangan yang signfikan. Saat ini sudah memasuki pada era media baru atau new media dan kegiatan dakwah semakin bervariasi. Diantaranya yaitu Youtube, Instagram, Facebook, Tiktok, Website, dan platform lain yang menggunakan akses internet. Kegiatan dakwah tidak harus melalui majelis yang bertatap muka dengan mad’u secara langsung, namun dapat dilakukan secara tidak langsung melalui tulisan. Metode tersebut disebut dakwah bil qalam atau dakwah dengan media tulisan. media online Smol.id dalam rubrik “Hikmah” nya termasuk dalam dakwah menggunakan tulisan yang berupa artikel. Maka diperlukan strategi dakwah yang dilakukan untuk mencapai tujuan dakwah dari rubrik “Hikmah” media online Smol.id tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana strategi dakwah yang dilakukan media online Smol.id dalam menyajikan konten dakwah di rubrik “Hikmah”. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan pengumpulan data berupa wawancara dengan pimpinan redaksi media online Smol.id.
Analisis data dalam penelitian ini dengan analisis deskriptif
Hasil penelitian ini media online Smol.id dalam rancangan kerja pembuatan artikel yaitu penentuan jurnalis yang merupakan seorang umat muslim, menentukan tema untuk artikel di mana tema tersebut berupa tema yang memiliki tema timeless, tema yang relevan dengan sasaran dakwah rubrik “Hikmah”, tema yang memiliki aktualitas, serta penentuan sumber dan narasumber yang dipilih oleh jurnalis dan mendapatkannya melalui majelisan, Youtube, serta buku-buku agama Islam. Adapun dalam menyajikan artikel memiliki strategi dakwah dalam penyajiannya yaitu, 1). Artikel yang bersifat evergreen atau timeless, di mana artikel yang disajikan tidak terikat waktu sehingga pada waktu yang lama tema artikel tersebut masih dapat dikonsumsi dan relevan tergantung pada waktunya, 2). Artikel yang disajikan bersifat faktual dan aktual, 3). Menggunakan tata bahasa yang tidak memicu sebuah konflik atau provokasi, 4). Artikel yang disajikan pada rubrik “Hikmah” memprogram tema berdasarkan sasaran target audiens sehingga tema yang disajikan relevan dengan pembacanya, maka tema yang disajikan yaitu memberikan sebuah edukasi untuk kaum millenial yang memiliki keterbatasan pengetahuan tentang agama Islam dan para masyarakan millenial yang ingin belajar mendalam tentang agama Islam. Karena target dari rubrik “Hikmah” yaitu kaum millenial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi dakwah; Media Online; Rubrik |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) |
Depositing User: | Annisa Fitriani Nurqolbi |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 07:28 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 07:28 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25611 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year