Dakwah Yayasan Komhar (Komunitas Harapan) Kota Semarang kepada anak-anak pedagang Pasar Johar

Gautama, Indra (2023) Dakwah Yayasan Komhar (Komunitas Harapan) Kota Semarang kepada anak-anak pedagang Pasar Johar. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1901036021_Indra_Gautama] Text (Skripsi_1901036021_Indra_Gautama)
Skripsi_1901036021_Indra_Gautama.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Lingkungan pasar selalu identik sebagai lingkungan yang keras, lingkungan dapat mempengaruhi karakter dan perilaku anak-anak. Hal ini yang membuat betapa pentingnya dakwah kepada anak-anak khususnya kepada anak-anak pedagang. Hal ini yang menjadikan pendidikan karakter menjadi faktor yang penting kepada anak-anak, supaya anak-anak tersebut bisa saling menghargai antara satu sama lain. Dakwah di lingkungan pasar khususnya kepada anak-anak pedagang merupakan tantangan tersendiri bagi pelaku dakwah khususnya Yayasan Komhar Kota Semarang. Yang dimana Orang tua yang sibuk berjualan di pasar dari pagi hingga sore hari, membuat kurangnya perhatian pada pendidikan untuk anak-anak.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif kualitatif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sumber data penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara itu, uji keabsahan data penelitian dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan Yayasan Komhar dalam membangun relasi jaringan da’i yaitu dengan cara mengajak dan membuka ruang dalam ajakan kolaborasi dengan komunitas yang ingin brkolaborasi bersama Yayasan Komhar untuk menyampaikan pesan dakwah kepada anak-anak pedagang Pasar Johar. Dan juga kurikulum yang menarik pada kalangan anak-anak, dan karakteristik da’i yang menarik dalam menyampaikan pesan dakwah kepada anak-anak pedagang Pasar Johar. Kepercayaan orang tua atau pedagang di Pasar Johar yang memiliki anak menjadi faktor penting untuk menarik anak-anak untuk belajar pada Yayasan Komhar. Orang tua atau pedagang yang memiliki anak tersebut melihat karakteristik da’i dalam menyampaikan pembelajaran ataupun dakwah kepada anak-anak pedagang Pasar Johar. Pendidikan pada anak baik di bidang agama maupun di bidang umum merupakan hal wajib yang harus kita kenalkan pada anak. Anak-anak merupakan fase awal untuk membentuk kepribadian yang baik dan juga untuk membentuk karakter yang terdapat pada anak. Dalam menjalankan strategi dakwah Yayasan Komhar menggunakan analisis SWOT.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Anak Pedagang; Da’i; Mad’u
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Sifa Zakiatus Shada
Date Deposited: 13 Jan 2025 01:04
Last Modified: 13 Jan 2025 01:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25671

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics