Optimalisasi media dakwah di Masjid Agung Jawa Tengah: prespektif manajemen dakwah
Baroya, Mochamad Vesfairo (2024) Optimalisasi media dakwah di Masjid Agung Jawa Tengah: prespektif manajemen dakwah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1901036024_Mochamad_Vesfairo_Baroya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Untuk mengetahui kegitan dakwah yang ada di Masjid Agung Jawa Tengah. (2) Untuk mengetahui optimalisasi media dakwah yang ada di Masjid Agung Jawa Tengah prespektif Manajemen Dakwah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis data terdiri dari data primer yang diperoleh melalui wawancara dan observasi. Sedangkan data sekunder berasal dari dokumen laporan, peraturan-peraturan yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, dalam kegiatan dakwah di Masjid Agung Jawa Tengah, terdapat beberapa kegiatan yakni bidang peribadatan, bidang dakwah, dan yang terakhir bidang kemasyarakatan. Aktivitas dakwah tersebut memberikan dampak postitif dalam pengembangan dakwah yang ada di Masjid Agung Jawa Tengah, selain itu juga dari sisi jamaah maupun mad’u mendapat kemudahan manfaat yang positif dalam aktivitas dakwah yang dilakukan oleh pihak Masjid Agung Jawa Tengah. Dalam pengomptimalan media dakwah yang dilakukan Masjid Agung Jawa Tengah yaitu dengan perencaan program-program yang akan dilaksanakan, penetapan jobdesk, dan pelaksanaanya, serta pengawasan yang dilakukan oleh kepala humas, serta sudah menerapkan prinsip – prinsip manajemen dakwah ta diantaranya khtith, althanzim, tawjih, riqobah. Masjid Agung Jawa Tengah merupakan salah satu masjid yang menjadi inspirasi bagi masjid-masjid lain. Dengan berbagai media dan aktivtias dakwah yang beragam, mampu membuat Masjid Agung Jawa Tengah, selalu eksis dalam memperjuangkan dakwah islam. Kepala humas sebagai garda terdepan dalam pengelolaan media Masjid Agung Jawa Tengah memiliki yang cukup baik, dengan mengimplementasikan fungsi-fungsi manajemen guna mengoptimalkan media dakwah yang ada, serta peran dan fungsinya. Berdasarkan dari apa yang telah diteliti. Dalam hal ini adalah perihal bagaimana media dakwah yang dimanfaatkan dan dimaksimalkan oleh Masjid Agung Jawa Tengah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Optimalisasi; Media dakwah; MAJT; Manajemen dakwah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places (Masjid). Pilgrims (Haji, Umrah) 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD) |
Depositing User: | Sifa Zakiatus Shada |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 07:15 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 07:15 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25675 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year