Gaya komunikasi dakwah Agus Muhammad Iqdam Kholid dalam live streaming Youtube Gus Iqdam Official

Kinasih, Wanadya Ayu Duta (2024) Gaya komunikasi dakwah Agus Muhammad Iqdam Kholid dalam live streaming Youtube Gus Iqdam Official. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2001026046_Wanadya_Ayu_Duta_Kinasih] Text (Skripsi_2001026046_Wanadya_Ayu_Duta_Kinasih)
Skripsi_2001026046_Wanadya_Ayu_Duta_Kinasih.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi dakwah dapat dipandang sebagai wujud upaya bidang keilmuan untuk menjawab permasalahan dan kebutuhan dakwah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya da’i yang belum memperhatikan gaya komunikasi saat berdakwah. Akibatnya dakwah sulit diterima oleh obyek dakwah. Oleh karena itu, seorang da’i tidak hanya berperan sebatas menyampaikan nilai-nilai dakwah saja, melainkan juga perlu memperhatikan gaya komunikasi dakwah yang baik dan tepat.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya komunikasi dakwah Agus Muhammad Iqdam Kholid dalam live streaming YouTube Gus Iqdam Official. Penelitian ini menggunakan data analisis kualitatif deskriptif milik Miles dan Huberman. Sumber data penelitian ini diperoleh dari video YouTube Gus Iqdam Official pada pengajian rutinan malam Selasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya komunikasi dakwah Agus Muhammad Iqdam Kholid dalam live streaming YouTube Gus Iqdam Official dari kelima video mengacu pada gaya kesetaraan “The Equalitarian Style” yang ditandai antara lain: Pertama, komunikasi terjadi secara dua arah, akrab/hangat, dan saling menghargai ditunjukkan melalui gaya bahasa dialog atau interaktif kepada jamaahnya dengan tujuan membangun hubungan yang lebih erat. Kedua, komunikasi dilakukan secara terbuka dalam penyampaian dakwah dengan suasana yang rileks dan informal ditunjukkan dengan tiga hal yakni ketersediannya mengungkap diri dan berbagi pengalaman, menyampaikan pesan dakwah dengan menyertakan rasa humor dalam bentuk kata makian, dan memberikan contoh yang rasional dan logis. Ketiga, memiliki rasa kepedulian yang tinggi merujuk pada perhatian mendalam terhadap kebutuhan masyarakat terutama dalam bidang sosial, keagamaan dan kemanusiaan. Keempat, menekankan pengertian bersama sehingga mencapai kesepakatan bersama berusaha untuk menciptakan pemahaman dalam hal tujuan, nilai-nilai dan cara dakwah yang digunakan. Kelima, efektif dalam memelihara empati khususnya dalam situasi untuk mengambil suatu permasalahan yang kompleks dan heterogen ditunjukkan dalam memahami perasaan dan situasi yang dihadapi jamaahnya dengan memberikan sebuah solusi atau tindakan yang relevan. Keenam, berfokus pada tujuan perubahan sikap ditunjukkan dengan melalui motivasi kepada jamaahnya tujuannya untuk meningkatkan kualitas hidup, mengembangkan sikap yang lebih positif atau mengatasi tantangan dalam kehidupan. Implikasi dari temuan ini adalah dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam memperluas pengaruh dakwah Islam dan membangun pemahaman yang lebih baik di kalangan masyarakat luas, khususnya dalam konteks keberagaman budaya dan tantangan modern.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gaya Komunikasi; Dakwah; Gus Iqdam; Youtube
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Annisa Fitriani Nurqolbi
Date Deposited: 15 Jan 2025 03:59
Last Modified: 15 Jan 2025 03:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25684

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics