Teknik komunikasi persuasif dalam dakwah Prof Dr. KH. Ahmad Izzudin M. Ag pada program Ulama Menyapa di TVKU Semarang

Daima, Daima (2024) Teknik komunikasi persuasif dalam dakwah Prof Dr. KH. Ahmad Izzudin M. Ag pada program Ulama Menyapa di TVKU Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2001026055_Daima] Text (Skripsi_2001026055_Daima)
Skripsi_2001026055_Daima.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (856kB)

Abstract

Komunikasi persuasif merupakan suatu proses mempengaruhi pendapat, memberikan pemahaman dan meningkatkan penerimaan. Dengan komunikasi persuasif bisa membantu menciptakan hubungan yang lebih baik antara komunikan dan komunikator yang didakwahi. Dengan adanya media televisi, dakwah dapat disebarkan dengan jangkauan yang lebih luas. Salah satunya melalui stasiun televisi TVKU Semarang dengan program ulama menyapa. Program ulama menyapa yang dipilih oleh peneliti dalam penelitian ini adalah dua tema yang terdapat pada program ulama menyapa yaitu “Islam agama cinta damai dan Politik uang saat pemilu dalam perspektif Islam”.
Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui bagaimana teknik komunikasi persuasif dalam dakwah Prof Dr. KH. Ahmad Izzudin M.Ag pada program ulama menyapa di TVKU Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis isi deskriptif. Pada penilitian ini data yang diperoleh dari dokumentasi berupa video, dokumentasi dalam penelitian ini mengidentifikasi dialog, potongan gambar, dan kalimat dari narasumber yang mengandung teknik komunikasi persuasif.
Hasil penelitian ini menunjukan dalam program ulama menyapa pada tema “Islam agama cinta damai dan Politik uang saat pemilu dalam perspektif Islam” menerapkan teknik komunikasi persuasif. Pada teknik asosiasi menyampaikan topik yang berhubungan dengan peristiwa yang aktual dan sedang terjadi. Teknik integrasi dengan penyatuan scane kata “saya” menjadi “kita” sehingga tampak menjadi satu dalam arti kebersamaan. Teknik Pay-Off diterapkan dengan cara menjanjikan hal yang berisi harapan dengan nada bicara yang menekan sehingga dapat mempengaruhi. Teknik Icing diterapkan dengan komunikator menata pesan yang menarik sehingga pesan mampu dimengerti oleh komunikan. Teknik redherring diterapkan komunikator untuk menyangkal argumen dengan mengalihkan sedikit demi sedikit ke aspek yang dikuasainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Teknik Komunikasi; Persuasif; KH. Ahmad Izzuddin; Ulama Menyapa; TVKU
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Annisa Fitriani Nurqolbi
Date Deposited: 15 Jan 2025 04:21
Last Modified: 15 Jan 2025 04:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25695

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics