Pengaruh pelayanan prima terhadap kepuasan pelanggan muslim: studi kasus PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang

Sabrina, Isna Nurul (2024) Pengaruh pelayanan prima terhadap kepuasan pelanggan muslim: studi kasus PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2001026084_Isna_Nurul_Sabrina] Text (Skripsi_2001026084_Isna_Nurul_Sabrina)
Skripsi_2001026084_Isna_Nurul_Sabrina.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat asosiatif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui apakah pelayanan prima oleh PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang berpengaruh terhadap pelanggan muslim yang menggunakan fasilitas pada Bandara tersebut. Untuk mengetahui hal tersebut maka digunakan analisis regresi linier sederhana dengan uji t dan koefisien determinasi. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 111 responden dengan penentuan sampel menggunakan teknik convenience sampling. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner secara langsung maupun tidak langsung (daring). Sedangkan untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan alat bantu berupa Microsoft Excel 2010 dan SPSS 27 for windows.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pelayanan prima memberikan pengaruh positif serta memiliki hubungan yang kuat terhadap kepuasan pelanggan di PT. Angkasa Pura I Cabang Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang. Pada hasil uji determinasi (R) memperoleh nilai sebesar 68,2%, yang membuktikan bahwa variabel independen (pelayanan prima) mempengaruhi variabel dependent (kepuasan pelanggan) dengan korelasi sangat kuat, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian penulis seperti contoh mengenai pelayanan kargo, layanan informasi, atau lain sebagainya. Oleh karena itu, H0 yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pelayanan prima terhadap kepuasan pelanggan muslim di PT. Angkasa Pura I Cabang Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang dalam penelitian ini ditolak, sedangkan Ha pada penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pelayanan prima terhadap kepuasan pelanggan muslim di PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pelayanan prima; Kepuasan Pelanggan Muslim
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Annisa Fitriani Nurqolbi
Date Deposited: 16 Jan 2025 07:03
Last Modified: 16 Jan 2025 07:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25725

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics