Sistem pelayanan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jawa Tengah dalam memberikan kepuasan kepada muzakki dan mustahik

Laela, Nur (2024) Sistem pelayanan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jawa Tengah dalam memberikan kepuasan kepada muzakki dan mustahik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1901036164_Nur_Laela] Text (Skripsi_1901036164_Nur_Laela)
Skripsi_1901036164_Nur_Laela.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Sistem pelayanan merupakan struktur yang digunakan suatu lembaga untuk memberikan layanan kepada pelanggan. Pelayanan di lembaga pengelola zakat memiliki peran penting untuk pengelolaan dana zakat dan pencapaian tujuan kesejahteraan sosial. Pelayanan lembaga pengelola zakat berfokus kepada muzakki (pembayar zakat) dan mustahik (penerima zakat). Baik tidaknya pelayanan yang dilakukan bisa dilihat dari kualitas layanan yang diberikan kepada muzakki dan mustahiknya, sehingga mereka akan merasakan puass terhadap pelayanan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pelayanan yang diberikan IZI Jawa Tengah dalam memberikan kepuasan kepada muzakki dan mustahik. Peneliti menggunakan sumber data primer dan sekunder dalam penelitian ini, yang dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Kemudian teknik pengambilan datanya, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data yang peneliti gunakan ialah reduksi data, penyajian data, sampai penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa: (1) Sistem pelayanan yang IZI Jawa tengah terhadap muzakki mampu memenuhi kriteria kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible (bukti langsung), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (kepercayaan), empathy (empati). (2) Sistem pelayanan yang diberikan IZI Jawa Tengah kepada mustahik telah memenuhi indikator standar pelayanan publik yang baik, yaitu prosedur pelayanan, waktu pelayanan, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana, dan kompetensi petugas pemberi layanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Lembaga pengelola zakat; Muzakki; Mustahik; Pelayanan; Kepuasan; Inisiatif Zakat Indonesia (IZI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Sifa Zakiatus Shada
Date Deposited: 16 Jan 2025 07:10
Last Modified: 16 Jan 2025 07:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25728

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics