Strategi komunikasi Dinas Pariwisata Kabupaten Demak dalam mempromosikan objek wisata religi Makam Sunan Kalijaga
Kusmiati, Sulli (2024) Strategi komunikasi Dinas Pariwisata Kabupaten Demak dalam mempromosikan objek wisata religi Makam Sunan Kalijaga. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_2001026097_Sulli_Kusmiati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Wisata religi Makam Sunan Kalijaga Demak merupakan tempat wisata yang paling terkenal di Kabupaten Demak, maka dari itu pariwisata tentunya akan menghasilkan dampak bagi Pemerintah, salah satunya untuk meningkatkan citra positif di Pemerintah Kabupaten Demak. Adanya pariwisata dapat meningkatkan citra positif bagi Pemerintah Kabupaten Demak, maka dari itu diperlukan sebuah promosi untuk mengkomunikasikan kembali potensi wisata kepada audiens atau publik setelah adanya kasus pandemi Covid-19. Salah satunya yaitu dengan melalui strategi komunikasi dalam mempromosikan objek wisata religi Makam Sunan Kalijaga di Kabupaten Demak.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi dan menguraikan bentuk promosi Dinas Pariwisata Kabupaten Demak dalam mempromosikan objek wisata religi Makam Sunan Kalijaga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan menggunakan sumber data primer yaitu dari seksi promosi wisata Dinas Pariwisata Kabupaten Demak, juru kunci Makam Sunan Kalijaga, dan pengunjung Makam Sunan Kalijaga. Teknik pegumpulan data dalam penelitian ini menggunakanwawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif dari Miles dan Hubermand.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Dinas Pariwisata Kabupaten Demak melakukan strategi komunikasi dengan menentukan khalayak yaitu warga domestik maupun mancanegara, dengan tujuan meningkatkan pengunjung setiap tahunnya, dalam penyusunan pesan dengan berbagai media cetak, elektronik dan media sosial, dengan efek terjadinya peningkatan jumlah pengunjung dan menjadikan objek wisata religi Makam Sunan Kalijaga menjadi destinasi wisata favorit di Jawa Tengah, serta dengan cara mengadakan event Grebeg Besar yang terkait dengan Makam Sunan Kalijaga yaitu tradisi penjamasan. Pada saat mengadakan kegiatan yang mengundang orang banyak seperti Grebeg Besar, Dinas Pariwisata Kabupaten Demak juga bekerjasama dengan instansi lainnya untuk mempublikasikan kegiatan tersebut lewat media.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi komunikasi; Promosi; Wisata religi; Makam Sunan Kalijaga |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) |
Depositing User: | Annisa Fitriani Nurqolbi |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 07:22 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 07:22 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25736 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year