Hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan peziarah di Makam Syekh Abu Bakar bin Yahya Pulau Panjang Jepara

Izza, Virda Wirdatul (2024) Hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan peziarah di Makam Syekh Abu Bakar bin Yahya Pulau Panjang Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi _2001036010_Virda_Wirdatul_Izza] Text (Skripsi _2001036010_Virda_Wirdatul_Izza)
Skripsi _2001036010_Virda_Wirdatul_Izza.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kualitas pelayanan dalam memenuhi kebutuhan peziarah untuk mencapai kepuasan peziarah. Kualitas pelayanan merupakan hal yang penting demi terwujudnya kepuasan peziarah. Jika pelayanan baik, maka kepuasan peziarah juga akan tinggi. Destinasi wisata ziarah Syekh Abu Bakar bin Yahya Pulau Panjang mempunyai potensi besar untuk dikembangkan. Persepsi peziarah yang bagus terhadap kualitas pelayanan menjadi kunci keberhasilan penyedia jasa dapat dikatakan berkualitas. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui: 1) tingkat kualitas pelayanan 2) tingkat kepuasan peziarah 3) hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan peziarah di makam Syekh Abu Bakar bin Yahya Pulau Panjang, Jepara. Variabel pada penelitian ini meliputi variabel independen (X) adalah kualitas pelayanan dan variabel dependen (Y) adalah kepuasan peziarah.
Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah peziarah yang telah mengunjungi makam Syekh Abu Bakar bin Yahya Pulau Panjang, Jepara. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan rumus Lemeshow (1997) sejumlah 100 responden. Analisis data menggunakan uji korelasi pearson dengan program statistik IBM SPSS Statistic versi 25.
Hasil penelitian menyatakan bahwa tingkat kualitas pelayanan kategori sangat rendah 5%, kategori rendah 31%, kategori sedang 31%, kategori tinggi 24%, dan kategori sangat tinggi 9% . Sementara itu, tingkat kepuasan peziarah kategori sangat rendah 5%, kategori rendah 18%, kategori sedang 39%, dan kategori tinggi 38%. Pada Variabel kualitas pelayanan, salah satu dari indikator empati menunjukkan kategori kurang baik yakni pada item X.19 yaitu pihak pengelola makam sulit untuk dihubungi khususnya saat dibutuhkan peziarah. Selain itu, item yang menunjukkan kategori sangat baik terdapat pada item X.18 pada indikator empati yakni pengelola makam yang menghormati peziarah saat melakukan kegiatan ziarah dan X.22 pada indikator bukti fisik yakni lingkungan yang nyaman dan bersih. Pada variabel kepuasan peziarah, semua item pernyatan dalam tiap indikator menunjukkan kategori sedang. Hasil uji korelasi menyatakan bahwa ada hubungan hubungan positif antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan peziarah di makam Syekh Abu Bakar bin Yahya Pulau Panjang, Jepara. Hal ini dibuktikan dengan uji korelasi pearson didapatkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,774 dan nilai signifikansi (p)= 0,00 (p <0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan; Kepuasan Konsumen; Makam Syekh Abu Bakar bin Yahya
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Sifa Zakiatus Shada
Date Deposited: 16 Jan 2025 07:33
Last Modified: 16 Jan 2025 07:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25743

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics