Strategi pengembangan daya tarik wisata religi di Masjid An-Nur Empang Bogor untuk meningkatkan kunjungan wisatawan

Ardhana, Jian Fauzia (2024) Strategi pengembangan daya tarik wisata religi di Masjid An-Nur Empang Bogor untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2001036011_ Jian_Fauzia_Ardhana] Text (Skripsi_2001036011_ Jian_Fauzia_Ardhana)
Skripsi_2001036011_ Jian_Fauzia_Ardhana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Tren wisata religi banyak diminati warga Indonesia. Objek wisata religi beraneka ragam seperti makam, petilasan, museum, hingga masjid. Kota Bogor sendiri memiliki objek daya tarik wisata religi, yakni Masjid An-Nur Empang. Masjid ini termasuk kategori masjid bersejarah memiliki sejarah tentang masuknya Islam di Kota Bogor. Penelitian ini bertujuan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam pengembangan Masjid An-Nur, lalu dirumuskan strategi untuk pengembangan dengan meminimalkan kelemahan dan ancaman, memaksimalkan pendayagunaan peluang dan kekuatan.
Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif, lalu data dikumpulkan melalui studi literature atau kepustakaan. Menggunakan data primer dan sekunder yang diperoleh dari teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan pihak terkait seperti ketua DKM Masjid An-Nur, masyarakat sekitar dan pedagang serta pengunjung atau wisatawan. Data dianalisis secara deskriptif kemudian untuk menentukan strategi pengembangan objek wisata religi Masjid An-Nur Empang Bogor dilakukan dengan metode analisis SWOT.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi dalam pengembangan daya tarik wisata religi di Masjid An-Nur berjalan efektif. Peningkatan strategi pengembangan objek wisata religi Masjid An-Nur yang perlu dievaluasi melihat dari data yang dianalisisis dengan SWOT antara lain, melengkapi sarana dan prasarana objek wisata, menambah atraksi wisata, melakukan promosi objek wisata, mengembangkan produk wisata, serta melibatkan pihak pihak terkait seperti investor, pemerintah dan masyarakat dalam pengelolaan wisata.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pengembangan; Wisata religi; Masjid; Analisis SWOT
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places (Masjid). Pilgrims (Haji, Umrah)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Sifa Zakiatus Shada
Date Deposited: 16 Jan 2025 07:39
Last Modified: 16 Jan 2025 07:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25744

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics