Pengaruh viral marketing, online customer review dan e-service quality terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee di Kota Semarang : studi kasus terhadap Gen-Z pengguna marketplace Shopee di Kota Semarang
Wafa, Muhammad Bahrul (2024) Pengaruh viral marketing, online customer review dan e-service quality terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee di Kota Semarang : studi kasus terhadap Gen-Z pengguna marketplace Shopee di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of SKRIPSI_2005056074_NUR_AHMAD_KHOSYI_IN]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2005056074_Nur Ahmad Khosyi_in_Lengkap Tugas Akhir - Ahmad Khosyiin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Pertumbuhan populasi yang disertai dengan kemajuan teknologi telah mendorong masyarakat untuk menjadi lebih konsumtif. Ini terbukti dengan meningkatnya penggunaan berbagai platform e-commerce seperti Shopee. Meskipun demikian, hasil pra-penelitian menunjukkan bahwa masih banyak Gen-Z yang merasa ragu dalam melakukan pembelian di Shopee, terkadang mengakibatkan kekecewaan terhadap produk yang mereka beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak dari viral marketing, online customer review, dan e-service quality terhadap keputusan pembelian di platform Shopee di Kota Semarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 responden, dipilih dengan menggunakan rumus Lemeshow, dan data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan melalui Google Form dengan skala Likert. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS 26, dengan menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial, baik viral marketing, online customer review berpengaruh negatif dan tidak signifikan sedangkan variabel e-service quality berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Shopee di Kota Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Viral Marketing; Online Customer Review; E-Service Quality dan Keputusan pembelian |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 02:40 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 02:59 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25813 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year