Strategi pemenangan calon kepala desa bertato pada pilkades tahun 2019 : studi kasus Desa Purwasaba, Kecamatan Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara
Munandar, Al Hafizs (2022) Strategi pemenangan calon kepala desa bertato pada pilkades tahun 2019 : studi kasus Desa Purwasaba, Kecamatan Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1706016044_Al_Hafizs_Munandar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini mencoba menguraikan strategi yang digunakan Welas Yuni Nugroho sebagai calon incumbent yang memperoleh lebih dari setengah surat suara yang ada dalam pemilihan kepala Desa Purwasaba, Kecamatan Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara Tahun 2019. Strategi yang dilakukan oleh Welas Yuni Nugroho membuahkan hasil pada pemilihan kepala Desa Purwasaba, dengan perolehan suara mendominasi dari pada calon yang lain. Visi dan misi merupakan senjata politik bagi Welas Yuni Nugroho dalam menjatuhkan lawan, selain itu pengaruh dari relasi yang kuat dan tim sukses yang bisa diandalkan menjadi faktor penunjang dari faktor utama kemenangan Welas Yuni Nugroho tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus, dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi serta analisis menggunakan analisis deskriptif tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya Welas Yuni Nugroho telah menjalankan empat konsep marketing politik menurut Peter Schroder yaitu, product, promotion, price dan place, empat konsep ini dijalankan oleh welas yuni nugroho dan didukung dengan jaringan politik yang cukup kuat dan optimal, sehingga empat konsep tersebut bisa berjalan dengan lancar dan Welas Yuni Nugroho bisa mendapatkan kemenangan dalam pemilihan kepala desa purwasaba. Hasil dari penelitian ini diharapkan bisa menjadi bahan informasi dan menambah pengetahuan serta wawasan bagi pembaca mengenai strategi politik dalam pemilihan kepala desa.
ABSTRACT:
This study attemps to describe the strategy used by Welas Yuni Nugroho in the election of the village head of Purwasaba, Mandiraja sub-district, Banjarnegara district in 2019. The strategy carried out by Welas Yuni Nugroho resulted in the election of the Purwasaba village head, with the majority of votes being obtained from the other candidates. Vision and mission are political power used by Welas Yuni Nugroho to bring down opponents, besides the influence of strong relationships and a successful team that can be relied on are supporting factors for the main factor of Welas Yuni Nugroho's victory. This research uses field research with qualitative method and case study approach, with primary and secondary data sources. Data collection techniques using interviews, documentation, observation and analysis using descriptive analysis stages, namely data collection, data reduction, data display and conclusions. The results of this study indicate that Welas Yuni Nugroho has implemented four political marketing concepts according to Peter Scroder, namely, product, promotion, price and place, these four concepts are carried out by Welas Yuni Nugroho and supported by a political network that is quite strong and optimal, therefore the four concepts can run smoothly and Welas Yuni Nugroho can get a victory in the election of the village head of purwasaba. The results of this study are expected to materialize information and increase knowledge and insight into the practice of money politics in village head elections.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi politik; Pemenangan; Pemilihan kepala desa |
Subjects: | 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 324 The political process |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 67201 - Ilmu Politik |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 08 Feb 2025 04:10 |
Last Modified: | 08 Feb 2025 04:10 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25845 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year