Pengaruh persepsi teknologi, resiko dan handling complaint terhadap minat nasabah dalam menggunakan layanan mobile banking : studi pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang angkatan 2019-2021 pengguna layanan mobile banking Bank Syariah Indonesia

Roosyikhi, Muhammad Fikrur (2023) Pengaruh persepsi teknologi, resiko dan handling complaint terhadap minat nasabah dalam menggunakan layanan mobile banking : studi pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang angkatan 2019-2021 pengguna layanan mobile banking Bank Syariah Indonesia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705036039_Muhammad_Fikrur_Roosyikhi] Text (SKRIPSI_1705036039_Muhammad_Fikrur_Roosyikhi)
1705036039_Muhammad Fikrur Roosyikhi_full skripsi - Fikrur Roosyikhi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan tekonologi informasi yang sangat pesat memberikan banyak kemudahan pada berbagai aspek kegiatan bisnis. salah satunya penggunaan Mobile Banking, dimana nasabah dapat menghemat waktu dan biaya karena nasabah tidak harus datang ke bank. Cukup dengan membuka aplikasi dan memilih fitur sesuai kebutuhan maka transaksi sudah selesai. Dalam menggunakan Mobile Banking terdapat resiko yang timbul diantaranya adalah Phising, Phising merupakan tindakan meminta pengguna untuk menggungkapkan informasi rahasia dengan cara mengirimkan pesan palsu. Dengan adanya resiko yang timbul pada saat penggunaan Mobile Banking mengharuskan bank memiliki kesiapan untuk menerima keluhan atau complaint dari para nasabah. Dengan adanya keluhan dari nasabah ini akan menjadi evaluasi bagi pihak bank untuk memperbaiki system mobile banking sehingga kedepannya akan memberikan rasa nyaman ketika bertransaksi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan secara kuantitatif dengan metode deskriptif yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data. Pengujuian data menggunakan SPSS versi 25. Hasil analisis menunjukan persepsi teknologi tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap minat nasabah dalam menggunakan layanan Mobile Bangking dengan nilai thitung 1,865 < ttabel 1,984 dengan signifikan 0,065 > 0,05. Resiko berpengaruh terhadap minat nasabah dalam menggunakan layanan mobile banking dengan nilai thitung 4,323 > ttabel 1,984 dengan signifikan 0,000 < 0,05. Handling complaint berpengaruh terhadap minat nasabah dalam menggunakan layanan mobile bangking dengan nilai thitung 3,512 > ttabel 1,984 dengan signifikan 0,001 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi Teknologi; Resiko; Handling Complaint; Minat Nasabah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 10 Feb 2025 04:17
Last Modified: 11 Feb 2025 01:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25854

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics