Pengaruh technology acceptance model terhadap kepuasan nasabah menggunakan mobile banking : studi kasus masyarakat pengguna Mobile Banking di Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan

Anaturrahmah, Shahnaz (2024) Pengaruh technology acceptance model terhadap kepuasan nasabah menggunakan mobile banking : studi kasus masyarakat pengguna Mobile Banking di Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705036083_Shahnaz_Anaturrahmah] Text (SKRIPSI_1705036083_Shahnaz_Anaturrahmah)
1705036083_Shahnaz Anaturrahmah_Full Skripsi - Shahnaz Shane.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi merevolusi perilaku dan kebiasaan masyarakat. Pada industri jasa keuangan, perbankan menerapkan perkembangan teknologi sebagai inovasi dalam memberikan produk layanan pada nasabah. Salah satu hasil perkembangan teknologi yang disediakan oleh perbankan adalah mobile banking. Mobile banking hadir seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat yang saat ini didominasi oleh pengguna teknologi sebagai tuntutan hidup yang serba cepat dan mudah. Mobile banking memberikan kemudahan dan manfaat bagi nasabah dalam melakukan transaksi keuangan sehingga nasabah merasa puas dalam menggunakan perkembangan teknologi tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh variabel persepsi kemudahan terhadap kepuasan nasabah menggunakan mobile banking, pengaruh variabel persepsi kebermanfaatan terhadap kepuasan nasabah menggunakan mobile banking, serta pengaruh variabel persepsi risiko terhadap kepuasan nasabah menggunakan mobile banking. Penelitian ini menggunakan pendekatan secara kuantitatif dengan metode deskriptif yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data. Pengujian data menggunakan SPSS versi 25. Objek penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan dengan pengambilan sampel sebanyak 100 responden.
Hasil analisis menunjukan bahwa persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah menggunakan mobile banking dengan nilai t-hitung 3,690 > t-tabel 1,985 dan nilai signifikansinya adalah 0,000 < 0,05. Persepsi kebermanfaatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah menggunakan mobile banking dengan nilai t-hitung 5,872 > t-tabel 1,985 dan nilai signifikansinya adalah 0,000 < 0,05. Persepsi risiko berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan mobile banking dengan nilai t-hitung -1,345 < t-tabel 1,985 dan nilai signifikansinya adalah 1,82 > 0,05. Dengan memiliki nilai F-hitung 88,526 > F-tabel 2,698 dan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 72,6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi Kemudahan; Persepsi Kebermanfaatan; Persepsi Risiko; Kepuasan Nasabah; Mobile Banking.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 10 Feb 2025 06:23
Last Modified: 11 Feb 2025 01:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25857

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics