Pengaruh financial literacy, lingkungan sosial dan word of mouth terhadap minat menabung pada Bank Syariah Indonesia : studi kasus masyarakat Desa Purwogondo Kabupaten Jepara

Nurhayati, Ati (2024) Pengaruh financial literacy, lingkungan sosial dan word of mouth terhadap minat menabung pada Bank Syariah Indonesia : studi kasus masyarakat Desa Purwogondo Kabupaten Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1905036069_ATI_NURHAYATI] Text (SKRIPSI_1905036069_ATI_NURHAYATI)
1905036069-ATI NURHAYATI-LENGKAP SKRIPSI - Ati Nurhayati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Financial Literasi terhadap minat menabung Masyarakat di Desa Purwogondo Kabupaten Jepara di Bank Syariah Indonesia . mengetahui pengaruh lingkungan sosial terhadap minat menabung Masyarakat di Desa Purwogondo Kabupaten Jepara di Bank Syariah Indonesia. mengetahui pengaruh Word of Mouth (WoM) terhadap minat menabung Masyarakat di Desa Purwogondo Kabupaten Jepara di Bank Syariah Indonesia.

Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Responden yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah masyarakat desa purwogondo yang berjumlah 98 orang. Teknik analisis data yang dilakukan adalah regresi linear berganda serta data diolah menggunakan SPSS.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Financial literacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah masyarakat Desa Purwogondo. Hal ini terbukti dengan hasil uji t untuk variabel financial literacy (X1), adalah 5.330 > dari t-tabel sebesar 1,661 dan signifikansi 0,00 < 0,05. Lingkungan sosial juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah masyarakat Desa Purwogondo. Hasil uji t untuk variabel lingkungan sosial (X2) menunjukkan t-hitung 2.356 > dari t-tabel sebesar 1,661 dan nilai signifikansi 0,021 < 0,05.Word of Mouth (WoM) juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah Masyarakat Desa Purwogondo. Hasil uji t untuk variabel Word of Mouth (WoM)(X3) adalah t-hitung 3,456 > dari t-tabel sebesar 1,661 dan signifikansi 0,001 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Financial Literacy; Lingkungan Sosial dan Word of Mouth
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 11 Feb 2025 03:36
Last Modified: 11 Feb 2025 03:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25880

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics