Pengaruh pengetahuan tentang produk perbankan syariah, kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap minat masyarakat menabung di Bank Syariah Indonesia : studi pada masyarakat Kelurahan Trimulyo Genuk Semarang

Husna, Sania Faza (2024) Pengaruh pengetahuan tentang produk perbankan syariah, kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap minat masyarakat menabung di Bank Syariah Indonesia : studi pada masyarakat Kelurahan Trimulyo Genuk Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1905036126_SANIA_FAZA_HUSNA] Text (SKRIPSI_1905036126_SANIA_FAZA_HUSNA)
1905036126_SANIA FAZA HUSNA_TUGAS AKHIR - Sania Faza Husna.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan tentang produk perbankan syariah, kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap minat masyarakat menabung di bank syariah indonesia. Penelitian ini dilakukan pada masyarakat Kelurahan Trimulyo Genuk dengan alasan minat menabung di bank syariah pada Keluarahan Trimulyo masih cukup rendah tidak sebanding dengan banyaknya masyarakat yang mayoritas beragama muslim sehingga perlu dilakukan analisis mengenai rendahnya minta menabung di Kelurahan Trimulyo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada masyarakat masyarakat Kelurahan Trimulyo Genuk Semarang. Sampel yang diambil sebanyak 97 responden dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan alat bantu IBM SPSS Versi 24. Analisis data menggunakan model regresi linier berganda untuk menguji hubungan antara variabel independen yaitu pengetahuan produk bank syariah, kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap variabel dependen yaitu minat menabung di bank syariah indonesia. Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel pengetahuan produk berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat menabung, kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung dan variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa variabel pengetahuan produk, kepercayaan dan kualitas pelayanan secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat menabung pada bank syariah indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Minat Menabung; Pengetahuan Produk; Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 11 Feb 2025 06:16
Last Modified: 11 Feb 2025 06:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25883

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics