Bauran pemasaran pembiayaan KUR Mikro dalam pencapaian target di Bank Syariah Indonesia KCP Semarang Tentara Pelajar
Fitriyah, Sholikatul (2024) Bauran pemasaran pembiayaan KUR Mikro dalam pencapaian target di Bank Syariah Indonesia KCP Semarang Tentara Pelajar. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of SKRIPSI_2005036015_SHOLIKATUL_FITRIYAH]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2005036015_SHOLIKATUL FITRIYAH_FULL_SKRIPSI - Sholikatul Fitriyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bauran pemasaran pembiayaan KUR Mikro dalam pencapaian target pada BSI KCP Semarang Tentara Pelajar dan untuk mengetahui penyebab pelaksanaan bauran pemasaran pembiayaan KUR Mikro yang dilakukan karyawan tidak memenuhi target meskipun sudah menerapkan bauran pemasaran 7P.
Penelitian ini menggunakan metodologi pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu di BSI KCP Semarang Tentara Pelajar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian adalah dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data tersebut akan dianalisa menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran yang dilakukan BSI KCP Semarang Tentara Pelajar telah memenuhi 7 unsur di dalam bauran pemasaran, kecuali unsur product, price, dan promotion. Unsur product belum terpenuhi disebabkan karena desain dan kemasan. Unsur price belum terpenuhi disebabkan karena diskon. Unsur promotion belum terpenuhi disebabkan karena periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), kehumasan/hubungan masyarakat (public relation), pemasaran langsung (direct marketing), dan penjualan pribadi (personal selling). Sedangkan Faktor internal tidak tercapainya target yang pertama, karena dari pihak micro staff nya yang tidak bersemangat dalam mencari nasabah. Kedua, tidak adanya pipeline atau calon nasabah yang akan dijadikan target. Faktor eksternal tidak tercapainya target yang pertama, banyaknya calon nasabah yang menginginkan margin murah. Kedua, calon nasabah menginginkan plafond pembiayaan KUR Mikro diatas 500.000.000 sedangkan di BSI KCP Semarang Tentara Pelajar plafondnya terbatas. Ketiga, persyaratan yang harus berhubungan dengan notaris terkait jaminan, hal tersebut bisa memakan waktu yang lama untuk prosesnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bauran Pemasaran; Pembiayaan KUR Mikro; Bank Syariah Indonesia |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1) |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 03:17 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 03:17 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25895 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year