Pengaruh penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) customer service, kualitas pelayanan dan kinerja karyawan terhadap kepuasan pada nasabah Bank Syariah Indonesia : studi BSI KC Kudus

Fahri, Shofaul (2024) Pengaruh penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) customer service, kualitas pelayanan dan kinerja karyawan terhadap kepuasan pada nasabah Bank Syariah Indonesia : studi BSI KC Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_2005036016_SHOFAUL_FAHRI] Text (SKRIPSI_2005036016_SHOFAUL_FAHRI)
2005036016_Shofaul Fahri_FULL SKRIPSI - Shofaul Fahri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kepuasan nasabah merupakan respon nasabah terhadap ketidaksesuaian antara tingkat kepentingan sebelumnya dan kinerja yang dirasakannya setelah pemakaian. Kepuasan nasabah adalah aspek yang diutamakan oleh perusahaan yang beroperasi dalam sektor jasa keuangan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan data kuantitatif dan teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah nonprobability sampling. Pengujian Data Menggunakan SPSS 23. Hasil analisis menunjukkan bahwa Standar Operasional Prosedure berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai thitung 2,120 > ttabel 1,984 atau nilai signifikan 0,037 < 0,05. Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai thitung 3,337 > ttabel 1,984 atau nilai signifikan 0,001 < 0,05. Kinerja Karyawan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah dikarenakan thitung lebih kecil dari ttabel yaitu 0,391 < ttabel 1,984 dengan nilai signifikan 0,697 > 0,05. Serta ketiga variabel yaitu standar operasional prosedure, kualitas pelayanan dan kinerja karyawan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 7,353 > 2,70 dan juga nilai signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: SOP; Kualitas Pelayanan; Kinerja Karyawan; Kepuasan Nasabah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 12 Feb 2025 03:34
Last Modified: 12 Feb 2025 03:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25896

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics