Pengaruh kemudahan, kepercayaan, keamanan, dan risiko terhadap kepuasan pengguna layanan self service technology Bank Syariah Indonesia : studi kasus pada santri Pondok Pesantren Al-Hikmah Tugurejo Semarang

Soraya, Mada Rina (2024) Pengaruh kemudahan, kepercayaan, keamanan, dan risiko terhadap kepuasan pengguna layanan self service technology Bank Syariah Indonesia : studi kasus pada santri Pondok Pesantren Al-Hikmah Tugurejo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_2005036017_MADA_RINA_SORAYA] Text (SKRIPSI_2005036017_MADA_RINA_SORAYA)
2005036017_Mada Rina Soraya_Full Skripsi - Mada Rina.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan teknologi pada sektor perbankan memberikan manfaat kemudahan bagi nasabah pada layanan operasional berupa mobile banking. Layanan mobile banking dari BSI, yakni BSI mobile mengalami peningkatan jumlah user dan transaksi, namun rating pada aplikasi masih rendah yang menyatakan masih banyak nasabah merasakan ketidakpuasan terhadap aplikasi BSI mobile. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan, kepercayaan, keamanan dan risiko terhadap kepuasan santri PPPTQ Al-Hikmah dalam menggunakan mobile banking Bank Syariah Indonesia.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, serta data yang diperoleh merupakan data primer dengan menggunakan bantuan kuesioner dan data sekumder melalui studi pustaka da internet. Populasi pada penelitian ini ialah santri PPPTQ Al-Hikmah. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan besaran sampel sejumlah 75 responden. Teknik analisis yang dipilih untuk menganalisis data menggunakan statistik deskriptif, uji instrumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis pada penelitian ini ialah Analisis Regresi Linear Berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah adalah variabel kemudahan dan keamanan. Sedangkan variabel kepercayaan dan risiko tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemudahan; Kepercayaan; Keamanan; Risiko; Kepuasan nasabah; mobile banking
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 12 Feb 2025 03:49
Last Modified: 12 Feb 2025 03:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25897

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics