Analisis faktor yang mempengaruhi continuance intention pada layanan BSI Mobile dengan Expectation-Confirmation Model (ECM) : studi kasus Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Kudus
Sesilawati, Dea Ayuk (2024) Analisis faktor yang mempengaruhi continuance intention pada layanan BSI Mobile dengan Expectation-Confirmation Model (ECM) : studi kasus Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of SKRIPSI_2005036019_DEA_AYUK_SESILAWATI]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2005036019_Dea Ayuk Sesilawati_Lengkap Tugas Akhir - Dea Ayuk sesilawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Perkembangan teknologi yang tumbuh secara pesat saat ini, menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting adanya inovasi teknologi ini banyak mengubah segi kehidupan manusia, dimulai dari gaya hidup, hingga kegiatan ekonomi masyarakat. Munculnya inovasi teknologi juga mendorong munculnya model bisnis baru dengan basic digital yang lebih efisien dan inovatif. Salah satunya yakni Mobile Banking. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi continuance intention pengguna mobile banking dengan menggunakan kerangka teori Expectation Confirmation Model (ECM). Faktor-faktor yang dianalisis meliputi perceived usefulness, confirmation, dan satisfaction yang diduga memiliki pengaruh signifikan terhadap niat pengguna untuk terus menggunakan layanan mobile banking.
Data penelitian dikumpulkan melalui survei terhadap sejumlah 100 nasabah bank yang menggunakan layanan BSI mobile banking, dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan aplikasi Smartpls 4. Dengan teknik analisis data outer model dan inner model.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel yang dianalisis, yaitu perceived usefulness, confirmation, dan satisfaction berpengaruh signifikan terhadap continuance intention. Dengan demikian,semakin tinggi persepsi manfaat, kepuasan, dan kesesuaian harapan yang dirasakan pengguna, semakin besar niat mereka untuk terus menggunakan layanan mobile banking. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi pengembangan strategi pemasaran dan peningkatan kualitas layanan mobile banking di industri perbankan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Itensi Keberlanjutan; Ekspektasi Konfirmasi Model; mobile banking; kepuasan; persepsi manfaat. |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1) |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 06:37 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 06:37 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25900 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year