Pengaruh marketing mix terhadap keputusan menggunakan produk simpanan berjangka di KSPPS Nusa Ummat Sejahtera Mangkang
Aini, Berliana Nur (2024) Pengaruh marketing mix terhadap keputusan menggunakan produk simpanan berjangka di KSPPS Nusa Ummat Sejahtera Mangkang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of SKRIPSI_2005036065_BERLIANA_NUR_AINI]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2005036065_BERLIANA NUR AINI_Full_Skripsi - BERLIANA NUR AINI UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Keputusan anggota dalam menggunakan produk di suatu lembaga keuangan merupakan hal yang penting di perhatikan oleh pihak lembaga keuangan. Keuntungan dan citra produk lembaga keuangan dipengaruhi oleh banyaknya anggota yang menggunakan produk tersebut. Namun, pada tahun 2023 keputusan anggota menggunakan produk simpanan berjangka di KSPPS Nusa Ummat Sejahtera Mangkang mengalami penurunan. KSPPS Nusa Ummat Sejahtera Mangkang harus menerapkan strategi yang tepat karena terjadinya penurunan tersebut. Startegi yang dapat dilakukan yaitu menerapkan strategi marketing mix. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing mix terhadap keputusan anggota menggunakan produk simpanan berjangka di KSPPS Nusa Ummat Sejahtera Mangkang.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer berbentuk kuesioner. Data dianalisis menggunakan pengujian validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik (Normalitas, Multikolinearitas dan Heteroskedastistas), analisis regresi berganda dan Uji hipotesis (Uji T, Uji F dan Koefesien Desterminasi) dengan menggunakan software SPSS 26.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel lokasi, orang dan proses secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan keputusan anggota menggunakan produk simpanan berjangka di KSPPS Nusa Ummat Sejahtera Mangkang. Sedangkan untuk variabel produk, harga, promosi dan bukti fisik secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan anggota menggunakan produk simpanan berjangka di KSPPS Nusa Ummat Sejahtera Mangkang. Secara simultan semua variabel bebas dalam penelitian ini berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan anggota menggunakan produk simpanan berjangka di KSPPS Nusa Ummat Sejahtera Mangkang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketing Mix; Produk; Harga; Promosi, Lokasi; Orang; Bukti fisik; Proses; Keputusan Pengguna; KSPPS Nusa Ummat Sejahtera. |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1) |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 01:55 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 01:55 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25938 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year