Pengaruh promosi, kualitas produk, dan service quality terhadap kepuasan nasabah : study kasus pada nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Rembang Sudirman
Putri, Maysyaroh (2024) Pengaruh promosi, kualitas produk, dan service quality terhadap kepuasan nasabah : study kasus pada nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Rembang Sudirman. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of SKRIPSI_2005036078_MAYSYAROH_PUTRI]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2005036078_Maysyaroh_Putri_Lengkap - Mys putri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Salah satu permasalahan perbankan Syariah yang terjadi di Indonesia adalah kurangnya kepuasan nasabah pada bank Syariah. Menurut laporan tahunan Bank Syariah Indonesia periode 2021-2023 pengaduan konsumen atas whistleblowing system meningkat, yang semula keseluruhannya berjumlah 29 pengaduan meningkat 127 pengaduan di tahun 2022. pada tahun 2023 jumlah pengaduan juga mengalami peningkatan menjadi 577 pengaduan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, kualitas produk, dan service quality terhadap kepuasan nasabah BSI KCP Rembang Sudirman. Penelitian merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan teknik analisis data dengan menggunakan metode analisis linear berganda. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran pernyataan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini mencakup semua nasabah aktif di BSI KCP Rembang Sudirman. Penelitian ini menggunakan metode Non Probability Sampling dengan teknik pengambilan sampel Accidental (Convenience) Sampling. Sampel yang digunakan terdiri dari 100 responden dengan karakteristik tertentu yang telah ditetapkan.
Hasil penelitian membuktikan bahwa kualitas produk tidak mempengaruhi tingkat kepuasan nasabah. Variabel promosi dan service quality berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan nilai Adjusted R Square sebesar 70,5%, yang artinya bahwa secara bersamaan, variabel promosi, kualitas produk, dan kualitas layanan memberikan kontribusi sebesar 70,5% terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia. Sebanyak 29,5% sisanya dapat dijelaskan oleh variabel-variabel selain yang disusun dalam penelitian ini menggunakan model regresi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Promosi, Kualitas Produk; Service Quality; dan Kepuasan Nasabah |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1) |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 03:10 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 03:10 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25949 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year