Pengaruh promosi dan religiusitas terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Tokopedia : studi kasus pada Mahasiswa Febi UIN Walisongo Semarang angkatan 2020-2023 pengguna Tokopedia

Susanto, Tri (2024) Pengaruh promosi dan religiusitas terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Tokopedia : studi kasus pada Mahasiswa Febi UIN Walisongo Semarang angkatan 2020-2023 pengguna Tokopedia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705026073_TRI_SUSANTO] Text (SKRIPSI_1705026073_TRI_SUSANTO)
1705026073_Tri Susanto_Full Skripsi - Tri Susanto.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi berkembang semakin pesat dan signifikan. Semua informasi kini telah tersebar melalui Internet. Saat ini Internet semakin berkembang dan memiliki banyak manfaat. Melalui internet masyarakat dapat mengakses informasi ke dunia global untuk menunjang aktivitas yang dilakukan sehingga masyarakat dapat saling bertukar informasi dengan luas. Sistem pemasaran atau sering disebut E-commerce merupakan sistem pemasaran melalui media elektronik untuk melakukan penjualan atau pemesanan barang dan jasa. Salah satu paltform E-comerce yang menjadi pilihan masyarakat adalah Platform Tokopedia. Tinginya keputusan pembelian pada Tokopedia didukung dengan tingginya angka kunjungan pada platform tersebut baik melalui aplikasi maupun kunjungan website. Besarnya antusias pengguna dalam menggunakan Marketplace Tokopedia menimbulkan tingginya keputusan pembelian pada Tokopedia termasuk dikalangan Mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan Religiusitas terhadap proses keputusan pembelian pada Tokopedia.

Penelitian menggunakan metode kuantitatif dimana data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer. Teknik sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah purposive sampling karena responden yang terpilih menjadi anggota sampel atas dasar pertimbangan peneliti sendiri. Pada penelitian ini data primer diperoleh dari kuesioner yang dibagikan melalui Google form. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa regresi berganda bantuan aplikasi SPSS 26.

Hasil dari penelitian ini variabel Promosi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Tokopedia mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang dengan hasil Thitung (5,608) > Ttabel (1, 985) dan nilai signifikan (0,000) < 0,05. Religiusitas (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Tokopedia mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang dengan hasil Thitung (5,183) > Ttabel (1, 985) dan nilai signifikan (0,000) < 0,05. analisis data peneliti dapat disimpulkan bahwa variabel promosi dan Religiusitas berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Tokopedia, yang artinya H1 dan H2 diterima. Keterbatasan dalam penelitian terbatas pada mahasiswa FEBI UIN Walisongo, sehingga dimungkinkan untuk memperoleh hasil yang berbeda jika penelitian dilakukan pada responden yang lebih luas. Seperti mahasiswa dan masyarakat umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: E-comerce; Promosi, Religiusitas; Keputusan Pembelian
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 18 Feb 2025 01:34
Last Modified: 18 Feb 2025 01:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25981

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics