Pengaruh persepsi green marketing dan kesadaran lingkungan terhadap minat beli tas belanja : studi kasus pada konsumen muslim di swalayan Kota Semarang
Ardha, Fanarati (2024) Pengaruh persepsi green marketing dan kesadaran lingkungan terhadap minat beli tas belanja : studi kasus pada konsumen muslim di swalayan Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of SKRIPSI_1705026086_FANARATI_ARDHA]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1705026086_Fanarati Ardha_Full Skripsi - Fanarati Ardha.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Green marketing muncul sebagai perhatian terhadap isu-isu kerusakan lingkungan yang kemudian digunakan oleh perusahaan sebagai salah satu strategi dalam pemasarannya. Salah satu upaya green marketing yaitu adanya Kebijakan Pengendalian Penggunaan Plastik dengan menerapkan penggunaan tas belanja sebagai pengganti kantong plastik. Namun dengan adanya kebijakan tersebut belum sepenuhnya mengurangi sampah plastik khususnya kantong plastik. Hal tersebut dapat diartikan bahwa masih kurangnya kesadaran lingkungan masyarakat Kota Semarang untuk mengurangi sampah plastik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi green marketing, dan kesadaran lingkungan terhadap minat beli tas belanja di swalayan Kota Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah konsumen muslim yang pernah berbelanja di swalayan Kota Semarang. Jumlah responden pada penelitian ini berjumlah 96 responden. Pengolahan dan analisis data pada penelitian ini menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) dan perhitungan menggunakan software SmartPLS 4. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel persepsi green marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli tas belanja dengan nilai t-statistik 3,948 > t tabel (1,96), p-value sebesar 0,000 < 0,05. Variabel kesadaran lingkungan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli tas belanja dengan nilai t-statistik 2,115 > t tabel (1,96), p-value sebesar 0,035 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Green Marketing; Kesadaran Lingkungan; Minat Beli |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 01:56 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 01:56 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25985 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year