Pengaruh inovasi digital SRC, kemitraan dan kompetensi SDM (Sumber Daya Manusia) terhadap tingkat penjualan UMKM dimasa pandemi : studi kasus pada UMKM SRC Kecamatan Semarang Barat

Annaumi, Imaduddin (2024) Pengaruh inovasi digital SRC, kemitraan dan kompetensi SDM (Sumber Daya Manusia) terhadap tingkat penjualan UMKM dimasa pandemi : studi kasus pada UMKM SRC Kecamatan Semarang Barat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705026135_IMADUDDIN_ANNAUMI] Text (SKRIPSI_1705026135_IMADUDDIN_ANNAUMI)
1705026135_Imaduddin Annaumi_Full Skripsi-1 - Imaduddin Annaumi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Adanya pandemi covid-19 memberikan dampak terhadap sektor ekonomi, Indonesia adalah negara berkembang dimana perekonomiannya didominasi oleh Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) karena UMKM memiliki kontribusi yang besar maka perlu dilakukannya perhatian khusus terhadap UMKM. Berdasarkan fenomena tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mengenai dunia bisnis, yang dimana peniliti mememlih objek penelitian yaitu di paguyuban SRC Semarang Barat dengan mengambil sampel berjumlah 49 responden. Dalam penelitian ini peneliti melakukan survei lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan penulis dalam pengumpulan data adalah dengan menyebarkan kuesioner/angket kepada responden melalui media online, yang kemudian data dianalisis dengan metode analisis regresi linier berganda. Untuk menguji hipotesis, peneliti menggunakan uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji f). Sedangkan untuk mengetahui kontribusi variabel terikat terhadap variabel bebas, dilakukan uji koefisien determinasi (R^2). Hasil Penelitian menunjukan bahwa, secara parsial adanya pengaruh signifikan dari variabel inovasi digital (X¹), kemitraan (X²) dan kompetensi (X³) terhadap tingkat penjualan. (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Inovasi Digital; Kemitraan, Kompetensi; Tingkat Penjualan.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 18 Feb 2025 07:01
Last Modified: 18 Feb 2025 07:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25993

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics