Analisis penerapan Akad Ju’alah dalam sistem pemberian bonus MLM (Multi Level Marketing) pada bisnis tiens

Arifah, Risa Hibatul (2024) Analisis penerapan Akad Ju’alah dalam sistem pemberian bonus MLM (Multi Level Marketing) pada bisnis tiens. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705026137_RISA_HIBATUL_ARIFAH] Text (SKRIPSI_1705026137_RISA_HIBATUL_ARIFAH)
1705026137_Risa Hibatul Arifah_Lengkap Tugas Akhir - Risa Hibatul A.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Multi Level Marketing (MLM) merupakan bisnis yang penjualan produk dilakukan melalui jaringan distribusi yang melibatkan banyak anggota dengan sistem komisi berjenjang. Belakangan ini sistem pemasaran MLM sering kali diidentikkan dengan bisnis berkedok (money game) karena konsep bisnis yang dilakukan cenderung menggunakan skema piramida dimana orang yang bergabung belakangan akan memperoleh pendapatan yang jauh lebih kecil dan mengalami kesulitan dalam mengembangkan bisnisnya.
Akad Ju'alah merujuk pada suatu kesepakatan di mana seseorang menyiapkan imbalan atau hadiah untuk diberikan kepada individu lain yang telah berhasil menyelesaikan tugas atau pekerjaan tertentu sesuai dengan perjanjian yang dibuat sebelumnya. Untuk itu dalam proses perekrutan member sampai dengan pemberian bonus pada bisnis MLM Tiens perlu adanya kesesuaian antara kerja keras dengan hasil yang didapatkan.
Dalam hal ini, penulis akan meneliti dan merumuskan masalah: bagaimana sistem pemberian bonus MLM pada bisnis TIENS dan bagaimana analisis akad ju’alah dalam pemberian bonus MLM pada bisnis TIENS.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk memahami fenomena yang sedang diteliti melalui pendekatan naturalistik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis yang bertujuan untuk memberikan deskripsi tentang keadaan obyek yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pemberian bonus MLM bisnis TIENS jika ditinjau menurut perspektif hukum Islam tentang ju‘alah sudah sesuai, karena sudah memenuhi rukun dan syarat-syarat yang telah ditentukan menurut fatwa DSN-MUI No. 75 tahun 2009. Pembagian bonus dapat dilihat melalui aplikasi V-share dimana hal tersebut merupakan upaya perusahaan dalam memenuhi keadilan dalam persamaan hak. Semua distributor TIENS memiliki hak yang sama untuk memperoleh laba retail dari omset penjualan produk TIENS, merekrut orang lain untuk bergabung dengan TIENS, dan juga berhak untuk mendapat keuntungan sesuai dengan kondisi jaringannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Multi Level Marketing (MLM); Akad Ju’alah; Pemberian Bonus; Bisnis TIENS.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 18 Feb 2025 07:11
Last Modified: 18 Feb 2025 07:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25994

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics