Pengaruh kualitas produk, harga dan kebutuhan terhadap keputusan pembelian barang di Pedagang Mindring : studi kasus ibu rumah tangga di Dusun Paguwono Desa Kertomulyo

Safitri, Lailatul (2024) Pengaruh kualitas produk, harga dan kebutuhan terhadap keputusan pembelian barang di Pedagang Mindring : studi kasus ibu rumah tangga di Dusun Paguwono Desa Kertomulyo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1905026103_LAILATUL_SAFITRI] Text (SKRIPSI_1905026103_LAILATUL_SAFITRI)
1905026103_LAILATUL SAFITRI_Lengkap Tugas Akhir - Lailatul Safitri UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Mindring merupakan suatu usaha informal yang menjual keperluan rumah tangga seperti pakaian, perabotan rumah tangga, barang elektronik dan alat penunjang keperluan rumah tangga lainnya dengan sistem pembayaran secara kredit atau angsuran. Ditengah maraknya perkembangan teknologi yang membuat banyak aktivitas kehidupan manusia bisa dilakukan secara online termasuk yaitu belanja online, transaksi jual beli secara mindring ini masih terjadi ditengah masyarakat dusun Paguwono. Berdasarkan pra riset yang peneliti lakukan menunjukkan bahwa sebanyak 91 orang menjadi pelanggan di pedagang mindring dan di dominasi oleh Ibu rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengatui pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kebutuhan Terhadap Keputusan Pembelian barang di Pedagang Mindring.
Penelitian ini menggunakan Metode penelitian Kuantitatif. Metode pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada Ibu rumah tangga di dusun Paguwono. Jumlah Ibu rumah tangga yang dijadikan sampel dalam penelitian ini sebanyak 74 orang melalui metode probability sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan SPSS versi 26. Analisis ini meliputi uji statistik deskriptif, uji instrument (validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,006 < 0,05 dan nilai thitung (2,819) > ttabel (1,994). Variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,008 < 0,05 dan nilai thitung (2,741) > ttabel (1,994). Variabel kebutuhan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,673 > 0,05 dan nilai thitung (0,424) < ttabel (1,994).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Harga; Kebutuhan; Keputusan Pembelian; Kualitas Produk
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 20 Feb 2025 02:16
Last Modified: 20 Feb 2025 02:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26022

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics