Pengaruh label halal, brand ambassador, dan electronic Word Of Mouth terhadap purchase decision skincare Scarlett Whitening pada Gen Z : studi kasus pada Generasi Z di Wilayah Kecamatan Ngaliyan

Ashari, Fani (2024) Pengaruh label halal, brand ambassador, dan electronic Word Of Mouth terhadap purchase decision skincare Scarlett Whitening pada Gen Z : studi kasus pada Generasi Z di Wilayah Kecamatan Ngaliyan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_2005026007_FANI_ASHARI] Text (SKRIPSI_2005026007_FANI_ASHARI)
2005026007_FANI ASHARI_FULL SKRIPSI - Fani Azhari Silaen.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan data pasar industri kecantikan diperkirakan akan mengalami pertumbuhan setiap tahunnya sebesar 5,81%. Melihat fenomena tersebut banyak orang yang telah menyadari akan pentingnya perawatan kulit, yang menjadikan skincare suatu trend saat ini. Hal tersebut membuat antar jenis produk perawatan kulit lainnya bersaing dalam pasar. Salah satunya ditunjukkan pada produk skincare Scarlett Whitening merupakan merek perawatan wajah dan tubuh lokal yang belum mampu mengalahkan para kompetitornya merek lokal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisi pengaruh label halal, brand ambassador, dan electronic word of mouth terhadap purchase decision skincare Scarlett Whitening pada generasi Z.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif,data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini konsumen produk skincare Scarlett Whitening yang berdomisili di Kecamatan Ngaliyan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil dari penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner dengan yang di sebar melalui Google Form kemudian untuk olah data menggunakan program IBM SPSS Statistic versi 23.
Hasil dari penelitian ini secara parsial menunjukkan variabel label halal tidak berpengaruh signifikan terhadap purchase decision skincare Scarlett Whitening yang artinya variabel label halal pengaruhnya tidak bermakna terhadap purchase decision skincare Scarlett Whitening pada generasi Z. Sedangkan variabel brand ambassador dan electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision skincare Scarlett Whitening pada generasi Z yang artinya apabila semakin meningkat brand ambassador dan electronic word of mouth maka purchase decision skincare Scarlett Whitening pada generasi Z juga akan meningkat. Hasil dari koefisien determinasi sebesar 0,653, atau 65,3%. Hal ini mengindikasikan bahwa variabel label halal, brand ambassador, dan electronic word of mouth memiliki pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap keputusan Gen Z dalam membeli produk perawatan kulit Scarlett Whitening, dan sisanya sebesar 34,7% dipengaruhi oleh variabel-variabel yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Label Halal; Brand Ambassador; Electronic Word of Mouth; Purchase Decision; Generasi Z.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 05 Mar 2025 01:14
Last Modified: 05 Mar 2025 01:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26086

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics