Pengaruh label halal, religiusitas, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk makanan olahan halal : studi pada penduduk muslim berdomisili di Kecamatan Ngaliyan Semarang
Novitasari, Nurya (2024) Pengaruh label halal, religiusitas, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk makanan olahan halal : studi pada penduduk muslim berdomisili di Kecamatan Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of SKRIPSI_2005026016_NURYA_NOVITASARI]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2005026016_NURYA NOVITASARI - Nurya Novitasari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Adanya perintah agama dalam konsumsi halal mendorong umat muslim untuk membeli produk makanan olahan halal. Kebutuhan konsumsi yang tinggi akan produk halal mendorong tingkat permintaannya yang tinggi pula, sehingga insentif untuk berproduksi halal pun semakin meningkat. Secara aktif, produsen halal dapat mendorong pasar halal dengan memahami perilaku pembelian dari masyarakat muslim sebagai target pasar utamanya. Salah satu cara memprediksi perilaku pembelian adalah dengan mengkaji keputusan pembelian produk makanan olahan halal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh label halal, religiusitas, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk makanan olahan halal.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Pada penelitian ini data primer diperoleh dari kuesioner yang dibagikan melalui Google form. Dengan menggunakan penduduk muslim berdomisili di Kecamatan Ngaliyan Semarang sebagai sampel penelitian. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder serta menggunakan SPSS versi 24 untuk analisis data.
Berdasarkan hasil data penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel label halal tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk makanan olahan halal, variabel religiusitas tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk makanan olahan halal, variabel kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk makanan olahan halal
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Label halal; Religiusitas; Kualitas produk; Keputusan pembelian produk makanan olahan halal. |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 01:25 |
Last Modified: | 08 Mar 2025 03:00 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26087 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year