Strategi pemasaran islami dalam menghadapi persaingan usaha pada Kebab Syariah Ngaliyan Semarang

Hanun, Dhiya Cholifatus (2024) Strategi pemasaran islami dalam menghadapi persaingan usaha pada Kebab Syariah Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_2005026017_DHIYA_CHOLIFATUS_HANUN] Text (SKRIPSI_2005026017_DHIYA_CHOLIFATUS_HANUN)
2005026017_DHIYA CHOLIFATUS HANUN_ LENGKAP TUGAS AKHIR - Muhammad irhami.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan dunia usaha saat ini semakin kompetitif, terutama pada bidang kuliner seperti bisnis kebab. Persaingan yang ketat menuntut perusahaan untuk menerapkan strategi pemasaran yang efektif dalam menghadapi persaingan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan strategi pemasaran Islami yang berlandaskan prinsip-prinsip syariah. Pemasaran Islami menekankan pada nilai-nilai kejujuran, keadilan, keterbukaan, dan keikhlasan dalam berbisnis, sesuai dengan ajaran agama Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran Islami yang diterapkan Kebab Syariah Ngaliyan Semarang dalam menghadapi persaingan usaha. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan analisis penelitian kualitatif yang dilakukan melalui pengamatan secara langsung di lapangan. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Responden pada penelitian ini meliputi pemilik toko, karyawan, dan konsumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kebab Syariah menerapkan strategi pemasaran Islami yang berfokus pada empat aspek, yaitu produk, harga, tempat, dan promosi. Dari segi produk, Kebab Syariah menawarkan makanan halal, sehat, dan berkualitas dengan cita rasa yang khas. Dalam hal harga, Kebab Syariah menetapkan harga yang terjangkau bagi konsumen. Lokasi Kebab Syariah berada di tempat yang strategis dan nyaman. Sementara itu, strategi promosi yang digunakan adalah melalui word of mouth dan pemanfaatan platform digital seperti Shopeefood, Gofood, dan Grabfood. Analisis SWOT menunjukkan bahwa Kebab Syariah memiliki kekuatan yang terletak pada kualitas produk, cita rasa, dan harga yang terjangkau. Kelemahan meliputi tidak konsistennya jam operasional dan strategi pemasaran yang terbatas. Peluang utama berasal dari pertumbuhan ekonomi wilayah dan tren gaya hidup halal, sementara ancaman utama adalah persaingan usaha sejenis dan perubahan selera konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran Islami; Persaingan Usaha
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 05 Mar 2025 01:38
Last Modified: 05 Mar 2025 01:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26088

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

View more statistics