Pengaruh brand ambassador, Islamic Lifestyle, dan harga terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung : studi kasus pada Generasi Z Kota Semarang
Hidayah, Suci Nur (2024) Pengaruh brand ambassador, Islamic Lifestyle, dan harga terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung : studi kasus pada Generasi Z Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of SKRIPSI_2005026048_SUCI_NUR_HIDAYAH]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2005026048_Suci Nur Hidayah_Full Skripsi - Suci Nur Hidayah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Samsung telah lama menduduki peringkat sebagai salah satu top brand di pasar smartphone global berkat inovasi teknologi dan kualitas produknya. Samsung mengalami penurunan penjualan dalam beberapa tahun terakhir, terutama karena persaingan yang semakin ketat dari merek-merek lain yang menawarkan produk serupa dengan harga lebih terjangkau. Namun, meskipun mengalami penurunan penjualan, Samsung tetap menjadi merek yang paling banyak diminati, terutama oleh Generasi Z yang memiliki preferensi terhadap kualitas dan inovasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand ambassador, Islamic lifestyle, dan harga terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung di kalangan Generasi Z di Kota Semarang. Dengan menggunakan metode kuantitatif dan sampel sebanyak 100 responden, data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS versi 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand ambassador memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian, sementara Islamic lifestyle dan harga berpengaruh negatif. Besarnya nilai koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa variabel independen yaitu brand ambassador, islamic lifestyle, dan harga mempengaruhi variabel keputusan pembelian sebesar 37,8% dan sisanya sebesar 62,2% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | brand ambassador; Islamic lifestyle; harga; dan keputusan pembelian. |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 01:46 |
Last Modified: | 08 Mar 2025 03:17 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26110 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year