Pengaruh pengetahuan kewirausahaan, penggunaan media sosial, dan ekspektasi pendapatan terhadap minat berwirausaha : studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi di PTN se-Kota Semarang

Layyinah, Nisaul (2024) Pengaruh pengetahuan kewirausahaan, penggunaan media sosial, dan ekspektasi pendapatan terhadap minat berwirausaha : studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi di PTN se-Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_2005026053_NISAUL_LAYYINAH] Text (SKRIPSI_2005026053_NISAUL_LAYYINAH)
2005026053_Nisaul Layyinah_Tugas Akhir - Nisaul Layyinah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tingkat pengangguran di Indonesia sebagian besar disumbang oleh kalangan terdidik. Selain itu, dikalangan terdidik angka wirausaha tergolong masih rendah. Guna mengatasi masalah ini, pemerintah berkolaborasi dengan lembaga pendidikan melalui pendidikan kewirausahaan. Dimana lembaga pendidikan memainkan peran penting dalam membentuk motivasi kewirausahaan pada generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh pengetahuan kewirausahaan, penggunaan media sosial, dan ekspektasi pendapatan terhadap minat berwirausaha.
Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang diperoleh berdasarkan rumus Slovin. Data didapatkan dengan metode kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi di PTN se-Kota Semarang menggunakan teknik purposive sampling. Pengolahan guna menganalisis data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan SPSS versi 27.
Hasil yang diperoleh dari hasil analisis bahwasannya variabel penggunaan media sosial, dan ekspektasi pendapatan berpengaruh terhadap minat berwirausaha. Sedangkan pengetahuan kewirausahaan tidak berpengaruh pada minat berwirausaha. Dilihat dari nilai Adjusted R square yakni 0,599 membuktikan bahwa 59,9 persen variabel minat berwirausaha bisa dijelaskan oleh ketiga variabel independen pada persamaan regresi. Sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel selain ketiga variabel yang diadopsi dalam penelitian ini yakni sebesar 40,1 persen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Minat Berwirausaha; Pengetahuan Kewirausahaan; Penggunaan Media Sosial; dan Ekspektasi Pendapatan.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 06 Mar 2025 02:35
Last Modified: 06 Mar 2025 02:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26114

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics