Peran teknologi informasi dalam meningkatkan layanan ibadah haji pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) NU Kota Semarang
Setiawan, Karim (2024) Peran teknologi informasi dalam meningkatkan layanan ibadah haji pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) NU Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_1701056008_Karim_Setiawan]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_1701056008_Karim_Setiawan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Di era kemajuan serba teknologi saat ini, pemerintah juga dituntut untuk mampu memaksimalkan adanya teknologi informasi (TI) agar pelayanan haji juga bisa maksimal dan memuaskan jamaah haji. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran teknologi informasi dalam meningkatkan layanan ibadah haji pada kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) NU Kota Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi informasi memiliki peran dalam berbagai aspek diantaranya aspek administrasi, kesehatan, bimbingan manasik, dan komunikasi. Dalam hal administrasi, dengan adopsi sistem informasi manajemen, proses administrasi menjadi lebih efisien dan terorganisir. Dalam hal kesehatan, jamaah mudah mengakses informasi tentang fasilitas kesehatan terdekat, menghubungi petugas medis dalam keadaan darurat, atau mendapatkan saran medis dari jarak jauh. Dalam hal bimbingan manasik, adanya teknologi informasi menjadikan bimbingan manasik dapat dengan mudah diakses secara online melalui berbagai platform, seperti situs web, aplikasi seluler, atau saluran media sosial. Dalam hal komunikasi, adanya teknologi informasi menjadikan jamaah haji dapat berkomunikasi secara instan dengan penyelenggara haji, keluarga, maupun kerabat melalui berbagai platform online, termasuk email, pesan teks, atau aplikasi pesan instan seperti WhatsApp atau Telegram.
Dalam setiap pelaksanaan sebuah kelembagaan/organisasi, ada beberapa faktor yang dapat mendukung serta menghambat penerapan teknologi informasi sebagai lembaga penyelenggara ibadah haji. Faktor yang mendukung penerapan teknologi yaitu fasilitas teknologi, adanya sumber daya manusia, dan revolusi industri 4.0. Faktor yang menjadi penghambat penerapan teknologi informasi adalah rendahnya kesadaran calon jamaah haji terkait pentingnya teknologi informasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknologi informasi; Layanan ibadah haji; KBIH NU |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places (Masjid). Pilgrims (Haji, Umrah) |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 02:58 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 02:58 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26116 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year