Studi komparatif pemasaran paket umroh dalam meningkatkan jumlah jamaah pada PT. Mahabbah Wisata Semarang dan PT. Arrahmah Kendal

Putri, Dini Kurnia (2024) Studi komparatif pemasaran paket umroh dalam meningkatkan jumlah jamaah pada PT. Mahabbah Wisata Semarang dan PT. Arrahmah Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2001056016_Dini_Kurnia_Putri] Text (Skripsi_2001056016_Dini_Kurnia_Putri)
Skripsi_2001056016_Dini_Kurnia_Putri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur serta memadankan strategi pemasaran paket umroh pada PT Mahabbah Semarang dan PT Arrahmah Kendal dalam upaya meningkatkan jumlah jamaah umrohnya, Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan wawancara mendalam serta observasi secara langsung terhadap kedua perusahaan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerjasama dengan pondok pesantren dan penyelenggaraan seminar telah memberikan peningkatan jamaah secara signifikan dalam pemasaran paket Umrah bagi PT. Mahabbah Wisata Semarang, dengan peningkatan yang cukup tinggi jumlah jamaah yang mendaftar. Sementara itu, PT. Arrahmah Kendal masih memiliki potensi untuk mengadopsi strategi serupa guna meningkatkan efisiensi pemasaran mereka. Implikasi dari temuan ini adalah pentingnya strategi pemasaran kolaboratif antara agen perjalanan dengan lembaga keagamaan dalam mengembangkan bisnis paket perjalanan religius seperti Umrah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan wawasan bagi agen perjalanan umroh untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih berorientasi pada kebutuhan dan keinginan jamaah.

Abstract:
This research aims to measure and compare the marketing strategies for Umrah packages at PT Mahabbah Semarang and PT Arrahmah Kendal in an effort to increase the number of Umrah pilgrims. This research method uses qualitative research with in-depth interviews and direct observation of the two companies. The research results show that collaboration with Islamic boarding schools and holding seminars has provided a significant increase in congregation in marketing Umrah packages for PT. Mahabbah Wisata Semarang, with a fairly high increase in the number of pilgrims registering. Meanwhile, PT. Arrahmah Kendal still has the potential to adopt a similar strategy to increase their marketing efficiency. The implication of these findings is the importance of collaborative marketing strategies between travel agents and religious institutions in developing religious travel package businesses such as Umrah. The aim of this research is to provide insight for Umrah travel agents to develop marketing strategies that are more oriented to the needs and desires of pilgrims.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran; Paket Umroh; Travel
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 06 Mar 2025 07:20
Last Modified: 06 Mar 2025 07:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26121

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics