Pengaruh media sosial, sensitivitas harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Wijaya Hijab

Nurjanah, Ifa (2024) Pengaruh media sosial, sensitivitas harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Wijaya Hijab. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_2005026059_IFA_NURJANAH] Text (SKRIPSI_2005026059_IFA_NURJANAH)
2005026059_Ifa Nurjanah_Full_Skripsi - Ifa Nurjanah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Keputusan pembelian merupakan tindakan atau perbuatan yang dilakukan oeleh konsumen untuk melakukan penetapan pembelian pada sebuah produk. Banyak faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, tiga diantaranya yaitu media sosial, sensitivitas harga dan kualitas produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial, sensitivitas harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Wijaya Hijab. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang memakai dan menggunakan produk Wijaya Hijab. Dengan sampel penelitian berjumlah 96 responden,
yang diambil menggunakan rumus Lemeshow dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan pengolahan data menggunakan softwere SPSS 25. Dengan variabel independen media sosial, sensitivitas harga dan kualitas produk. Sedangkan variabel dependen adalah keputusan pembelian. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Wijaya Hijab dibuktikan dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Variabel sensitivitas harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Wijaya Hijab dibuktiktikan dengan nilai signifikan 0,023 < 0,05. Dan variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Wijaya Hijab yang dibuktikan dengan nilai signifikan 0,003 < 0,05. Hasil koefisian determinasi R Square berpengaruh sebesar 65,9%, yang artinya variabel media sosial, sensitivitas harga dan kualitas produk memprngaruhi variabel keputusan pembelian sebesar 65,9%, sedangkan sisanya 34,1% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Sosial; Sensitivitas Harga; Kualitas Produk; Keputusan Pembelian
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 07 Mar 2025 01:49
Last Modified: 08 Mar 2025 01:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26127

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics