Pengaruh harga, labelisasi halal dan promosi terhadap loyalitas pelanggan chatime : studi kasus pada Generasi Z di Kota Semarang

Ardiana, Hastian Surya (2024) Pengaruh harga, labelisasi halal dan promosi terhadap loyalitas pelanggan chatime : studi kasus pada Generasi Z di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_2005026061_HASTIAN_SURYA_ARDIANA] Text (SKRIPSI_2005026061_HASTIAN_SURYA_ARDIANA)
2005026061_Hastian Surya Ardiana_Full Skripsi - Hastian Surya Ardiana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Selera konsumen terus berkembang seiring waktu, pelaku bisnis food & baverage harus mampu mengikuti tren dan menghadirkan produk yang sesuai dengan preferensi konsumen. Berkembangnya bisnis minuman kekinian saat ini menyebabkan terjadinya persaingan. Brand minuman yang populer adalah Chatime. Chatime telah menduduki peringkat teratas dalam brand minuman kekinian yang paling banyak di konsumsi. Dalam menghadapi persaingan bisnis dengan produk yang relatif mirip, loyalitas merupakan sesuatu hal yang diharapkan perusahaan dari konsumen, sebab strategi pemasaran yang sukses didukung oleh konsumen yang setia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga, labelisasi halal dan promosi terhadap loyalitas pelanggan produk Chatime pada Generasi Z Kota Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini yaitu Generasi Z di Kota Semarang (dengan rentan usia 12 – 26 tahun). Teknik pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling dengan sampel 96 reponden yang merupakan konsumen produk Chatime. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner melalui google form dan diolah menggunakan software program SPSS 27.
Hasil penelitian menunjukan variabel Harga berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Labelisasi Halal dan Promosi berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan serta nilai koefisien determinasi R Square sebesar 56,3% menunjukan bahwa sekitar 56,3% variasi dalam loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel harga, labelisasi halal dan promosi dalam penelitian ini. Sisanya sekitar 44,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Harga; Labelisasi Halal; Promosi dan Loyalitas Pelanggan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 07 Mar 2025 01:56
Last Modified: 08 Mar 2025 02:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26128

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics