Pengaruh harga, gaya hidup dan brand image terhadap preferensi fashion hijab : studi kasus masyarakat muslim Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan
Pangestuti, Diana (2024) Pengaruh harga, gaya hidup dan brand image terhadap preferensi fashion hijab : studi kasus masyarakat muslim Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of SKRIPSI_2005026064_DIANA_PANGESTUTI]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2005026064_DIANA PANGESTUTI_FULL_SKRIPSI - Diana Pangestuti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Fashion merupakan salah satu kebutuhan sehari-hari manusia paling utama untuk menampilkan ekspresi diri mereka. Penilaian seseorang sering kali dilihat berdasarkan dari pakaiannya yang dapat menandakan status sosial orang tersebut. Preferensi setiap orang dalam menentukan keputusan terhadap suatu barang dipengaruhi oleh banyak faktor. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana harga, gaya hidup dan brand image mempengaruhi preferensi fashion hijab pada masyarakat Muslim Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data primer serta menggunakan teknik analis regresi linier berganda. Populasi penelitian ini yaitu masyarakat Muslim di Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan dengan jumlah 100 responden dengan teknik pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner berupa Google form dan diolah menggunakan software SPSS 25.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing variabel independen (harga, gaya hidup dan brand image) berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi fashion hijab. Besarnya nilai koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa variabel independen yaitu harga, gaya hidup dan brand image mempengaruhi preferensi fashion hijab sebesar 61,3% dan sisanya 38,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Harga; Gaya Hidup; Brand Image; Preferensi Fashion Hijab. |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 02:14 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 02:14 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26130 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year