Pengaruh literasi keuangan, religiusitas, dan pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif penggemar K-pop
Sumaga, Amalia Salsa (2024) Pengaruh literasi keuangan, religiusitas, dan pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif penggemar K-pop. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of SKRIPSI_2005026076_AMALIA_SALSA_SUMAGA]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2005026076_AMALIA SALSA SUMAGA_TUGAS AKHIR - salsa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Popularitas K-Pop terus meningkat di Indonesia, banyaknya konser, fanmeeting, dan penjualan merchandise yang sering diadakan langsung di negara ini membuat banyak orang mulai mengenal dan menyukai grup-grup K-Pop. Para penggemar K-Pop biasanya akan memberikan bentuk dukungannya dengan membeli barang dan produk yang berkaitan dengan idolanya. Seringkali para penggemar merasa bahwa kesulitan jika diminta untuk berhenti membeli barang K-Pop yang kemudian ini dapat mempengaruhi kepribadian penggemar salah satunya menyebabkan penggemar cenderung berperilaku konsumtif. Perilaku konsumtif merupakan perilaku individu yang senang membelanjakan hartanya tanpa pemikiran rasional dan pertimbangan yang matang sebelumnya sehingga secara ekonomis menimbulkan pemborosan dan inefisiensi biaya. Perilaku konsumtif yang timbul dalam diri setiap indiviu dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya literasi keuangan, agama, pengendalian diri dan gaya hidup.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, religiusitas dan pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif. populasi dalam penelitian ini merupakan penggemar K-Pop Boygroup SEVENTEEN yang berusia 15-25 tahun di wilayah Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan teknik purposive sampling terhadap 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner secara online dengan pengukuran menggunakan skala likert dan pengolahan dilakukan secara kuantitatif dengan bantuan program olah data IBM SPSS Statistics 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan (X1) memiliki pengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan nilai signifikansi 0.009 < 0.05 dan hasil t-hitung 2.679 > t-tabel 1.984, sementara itu religiusitas (X3) memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan nilai signifikansi 0.715 > 0.05 dan hasil t- hitung -0.366 < t-tabel 1.984 dan pengendalian diri (X3) memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan nilai signifikansi 0.002 < 0.05 dan nilai t-hitung -3.158 > t-tabel 1.984
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Keuangan; Religiusitas, Pengendalian Diri; dan Perilaku Konsumtif |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 03:27 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 03:27 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26133 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year