Komersialisasi visa haji furoda di PIHK Kota Semarang
Minatika, Firda (2024) Komersialisasi visa haji furoda di PIHK Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2001056028_Firda_Minatika]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2001056028_Firda_Minatika.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (932kB)
Abstract
Visa haji furoda merupakan salah satu visa yang bisa didapatkan secara langsung dari Pemerintah Arab Saudi bagi calon jamaah haji furoda. Salah satu lembaga Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) di Kota Semarang yang memberikan pelayanan terhadap visa haji furoda adalah PT Patuna Mekar Jaya dan PT Arbani Madinah Wisata. Tujuan penelitiannya adalah untuk mengidentifikasi dan membandingkan terkait komersialisasi visa haji furoda di PT Patuna Mekar Jaya dan PT Arbani Madinah Wisata. Metode penelitian yang diaplikasikan ialah kualitatif dengan jenis penelitiannya deskriptif. Data primer didapat melalui hasil wawancara bersama informan yaitu salah satu pengurus atau pengelola di PT Patuna Mekar Jaya dan PT Arbani Madinah Wisata. Data sekundernya didapat melalui observasi, dokumentasi, dan studi pustaka dari berbagai sumber referensi yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitiannya memperlihatkan bahwa PT Patuna Mekar Jaya menawarkan harga visa haji furoda yang sama untuk semua jamaah, dengan variasi harga tergantung pada paket yang dipilih dan kepastian harga setiap tahunnya dipengaruhi oleh faktor eksternal, seperti pajak dan kebijakan pemerintah. Sebaliknya, PT Arbani Madinah Wisata menghadapi perubahan harga yang sulit untuk dipastikan, ini, dipengaruhi oleh faktor-faktor pasar, seperti permintaan, penawaran, dan kuota tahunan, sehingga mengakibatkan perbedaan harga antara jamaah yang satu dengan lainnya dan perubahan harga dari tahun ke tahun. Penelitian ini mengungkapkan pentingnya mempertimbangkan kestabilan harga dan dinamika pasar dalam memilih agen perjalanan haji untuk perencanaan biaya yang efektif dan transparan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Visa; Haji furoda; Komersialisasi |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places (Masjid). Pilgrims (Haji, Umrah) |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 06:44 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 06:44 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26137 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year