Pengaruh brand ambassador,free ongkir, dan impulse buying terhadap keputusan pembelian konsumen Shopee : studi kasus santri di Semarang Barat
Tanzania, Arzeti (2024) Pengaruh brand ambassador,free ongkir, dan impulse buying terhadap keputusan pembelian konsumen Shopee : studi kasus santri di Semarang Barat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of SKRIPSI_2005026080_ARZETI_TANZANIA]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2005026080_Arzeti Tanzania_Lengkap Tugas Akhir - arzeti tanzania.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Keputusan pembelian konsumen merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh konsumen dalam menentukann beberapa alternatif produk yang akan dibeli ataupun digunakan. Keputusan pembelian dipengaruhi oleh faktor dalam perusahaan maupun luar perusahaan. Faktor dalam perusahaan biasanya diterapkan oleh perusahaan berupa promosi, sementara faktor di luar perusahaan berasal dari diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh strategi promosi brand ambassador dan free ongkir yang diterapkan oleh Shopee serta perilaku impulse buying terhadap keputusan pembelian Santri di Semarang Barat pada e-commerce Shopee.
Metode yang digunakan dalam peenlitian ini adalah metode kuantitatif dengan beberapa uji yakni uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan analisis regresi.Sampel dalam penelitian ini yaitu Santri di Semarang Barat yang pernah melakukan transaksi di Shopee berjumlah 97 responden dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari jawaban kuesioner yang disebar secara online melalui google form.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel brand ambassador (X1) memiliki pengaruh yang positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian Santri di Semarang Barat pada e-commerce Shopee. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,353 > 0,05. Variabel free ongkir (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Santri di Semarang Barat. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Sedangkan variabel impulse buying (X3) memiliki pengaruh yang negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian Santri di Semarang Barat pada e-commerce Shopee. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,351 > 0,05. Secara simultan brand ambassador, free ongkir, dan impulse buying mempengaruhi keputusan pembelian Santri di Semarang Barat pada e-commerce Shopee dengan nilai Adjusted R2 sebesar 0,200 yang artinya sebesar 20% keputusan pembelian dijelaskan oleh variabel brand ambassador, free ongkir, dan impulse buying.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | brand ambassador; free ongkir; impulse buying; keputusan pembelian |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 07:03 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 07:03 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26140 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year