Pengaruh cita rasa, harga dan keragaman menu terhadap loyalitas konsumen Es Teh Jogja dengan kepuasan konsumen sebagai moderating variable

wulandari, Fitriya Dessy (2024) Pengaruh cita rasa, harga dan keragaman menu terhadap loyalitas konsumen Es Teh Jogja dengan kepuasan konsumen sebagai moderating variable. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_2005026087_FITRIYA_DESSY_WULANDARY] Text (SKRIPSI_2005026087_FITRIYA_DESSY_WULANDARY)
2005026087_FITRIYA DESSY WULANDARI - Fitriya Dessy.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Cita rasa merupakan cara memilih makanan yang berbeda dari rasa makanan tersebut. Harga merupakan nilai yang dibebankan kepada suatu produk yang nantinya akan dibayarkan untuk mendapatkan produk tersebut. Keragaman produk adalah kumpulan semua produk yang ditawarkan untuk dijual oleh penjual tertentu. kemudian sampel dari penelitian ini adalah 100 responden. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan jenis non probability sampling, dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket secara langsung terhadap responden, Kemudian untuk teknik penggolahan data dilakukan dengan analisis kuantitatif yang dibantu dengan program olah data SPSS 22. Dimana penelitian melalui uji coba intrumen penelitian dengan uji validitas dan reliabilitas. Untuk data uji analis meliputi uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji multikolineritas dan uji hipotesis yang digunakan untuk menganalisis pengaruh langsung, sedangkan untuk menganalisis pengaruh tidak langsungnya digunakan analisis jalur yang meliputi uji sobel.
Hasil dari penelitian ini memberikan informasi bahwa cita rasa tidak berpengaruh dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai thitung dan ttabel sebesar -4,322 < 1,984. Harga tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen memiliki nilai thitung dan ttabel sebesar -0,032 < 1,984. Keragaman menu berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen memiliki nilai thitung dan ttabel sebesar 4,843 > 1,984. Kemudian kepuasan konsumen tidak mampu memoderasi vaariabel independen terhadap dependen dengan masing-masing sig 0,851 > 0,050, 0,769 > 0,050 dan 0,592 > 0,050 .Dengan demikian peneliti dapat memberikan kesimpulan bahwa keraagaman menu berpengaruh terhadap loyalias konsumen dan kepuasan konsumen tidak mampu memoderasi cita rasa harga dan keraagaman menu terhadap loyalitas konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Cita rasa; harga dan keragman menu; kepuasan konsumen; loyalitas konsumen.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 10 Mar 2025 01:53
Last Modified: 10 Mar 2025 01:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26175

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics