Pengaruh sertifikasi halal, harga, selera konsumen dan display produk terhadap keputusan pembelian produk pangan Korea pada Store KKV : studi kasus Generasi Z di Kota Semarang

Riyanto, Ratna Maharani (2024) Pengaruh sertifikasi halal, harga, selera konsumen dan display produk terhadap keputusan pembelian produk pangan Korea pada Store KKV : studi kasus Generasi Z di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_2005026100_RATNA_MAHARANI_RIYANTO] Text (SKRIPSI_2005026100_RATNA_MAHARANI_RIYANTO)
2005026100_RATNA MAHARANI RIYANTO_Lengkap Tugas Akhir - Ratna Maharani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi kini menjadikan generasi Z mudah terpengaruh oleh budaya asing. Salah satu pengaruh budaya asing yang dapat dirasakan adalah adanya gaya hidup generasi Z dalam mengambil sebuah keputusan pembelian terhadap produk pangan korea. Ini bisa ditinjau melalui bertambah banyak produk – produk korea yang beredar di Indonesia khususnya di store KKV.
Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh sertifikasi halal, harga, selera konsumen dan display produk terhadap keputusan pembelian produk pangan korea pada store KKV oleh generasi Z. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan penggunaan populasi generasi Z di Kota Semarang. Teknik sampling memanfaatkan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling serta 100 responden sebagai sampel. Kuesioner digunakan sebagai instrumen penelitian ini dan diukur dengan memanfaatkan skala likert kemudian dilakukan analisis mempergunakan analisis regresi linear berganda melalui program IBM SPSS Statistics 23.
Penelitian ini didapatkan hasil yaitu tidak adanya pengaruh yang signifikan variabel sertifikasi halal (X1) terhadap keputusan pembelian produk pangan korea oleh generasi Z di Kota Semarang dengan hasil signifikansi dengan nilai 0,415 > 0,05 serta hasil thitung 0,818 < ttabel 2,475. Kemudian antara variabel harga (X2) terhadap keputusan pembelian produk pangan korea oleh generasi Z di Kota Semarang terdapat pengaruh positif tidak signifikan yaitu dengan signifikansi yang didapatkan senilai 0,247 > 0,05 serta hasil thitung 1,164 < ttabel 2,475. Serta adanya pengaruh positif dan signifikan variabel selera konsumen (X3) dan display produk (X4) terhadap keputusan pembelian produk pangan korea oleh generasi Z di Kota Semarang dengan signifikansi yang didapatkan yaitu 0,000 < 0,05 dan masing – masing nilai thitung 4,015 dan 3,720 > ttabel 2,475.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi Halal; Harga; Selera Konsumen; Display Produk dan Keputusan Pembelian
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 10 Mar 2025 02:08
Last Modified: 10 Mar 2025 02:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26180

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics