Persepsi jama’ah haji tentang kualitas pelayanan ibadah haji di Kementerian Agama : studi kasus di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal tahun 2013

Zakaria, M. Nanang (2014) Persepsi jama’ah haji tentang kualitas pelayanan ibadah haji di Kementerian Agama : studi kasus di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal tahun 2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 091311018_Coverdll.pdf]
Preview
Text
091311018_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 091311018_Bab1.pdf]
Preview
Text
091311018_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 091311018_Bab2.pdf]
Preview
Text
091311018_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 091311018_Bab3.pdf]
Preview
Text
091311018_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 091311018_Bab4.pdf]
Preview
Text
091311018_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of 091311018_Bab5.pdf]
Preview
Text
091311018_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of 091311018_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
091311018_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (23kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul “(Persepsi Jama’ah Haji tentang Kualitas pelayanan Ibadah Haji di Kementerian Agama Kabupaten Kendal Tahun 2013) Penelitian ini menjelaskan tentang presepsi jama’ah tentang kualitas pelayanan Kementerian Agama Kabupaten Kendal. “merupakan salah satu penelitian yang meneliti tentang pelayanan Haji di Kementerian Agama Kabupaten Kendal, karena pelayanan merupakan salah satu hal yang terpenting dalam penyelenggaraan. Setiap organisasi perlu melakukan suatu pelayanan dalam setiap kegiatan organisasinya, Jama’ah Haji Indonesia adalah jamaah haji dimana segala urusannya yang berkaitan dengan keperluan jama’ah dikoordinasi dan dikelolah oleh Pemerintah Indonesia. Hal-hal yang yang diurusi pemerintah diantaranya pendaftaran, tiket, visa, fiscal, transportasi udara dan darat, akomodasi (asrama, pemondokan-pemondokan di Mekah, Madinah, Kemah Arafah dan Mina), minuman dan makanan. Hampir segala urusan haji ditangani oleh pemerintah.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu dengan menggunakan prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan atau melukiskan keaadaan suatu objek penelitian berdasarkan fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan: a) Metode observasi yang di gunakan untuk ,mengumpulkan data mengenai pelaksanaan penyelengaraan ibadah haji di Kementerian Agama Kabupaten Kendal. b) Wawancara, ini digunakan untuk mengumpulkan data tentang kualitas pelayanan haji di Kementerian Agama Kabupaten Kendal tahun 2013 terkait penyelenggaraan ibadah haji. c) Dokumentasi yaitu memperoleh dokumentasi terkait Kementerian Agama Kabupaten Kendal seperti sejarah berdirinya Kementerian Agama, struktur organisasi, visi dan misi Kementerian Agama Kabupaten Kendal.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, penyelenggaraan manasik haji di Kementerian Agama Kabupaten Kendal mencakup perencanaan perencanaan yang ada dalam kementrian Agama Kendal terkait penyelenggaraan ibadah haji pada kurun waktu tahun 2013. yang diselengarakan kementrian Agama Kendal., membuat susunan panitia yang merupakan organizing, rapat evaluasi yang merupakan controling, actuating dalam hal ini melaksanakan bimbingan dengan mengacu pada jadwal-jadwal yang sudah direncanakan sebelumnya.
Secara umum penyelenggaraan manasik haji di Kementerian Agama Kabupaten Kendal tahun 2013 dapat terealisasi dengan baik. Hanya saja ada beberapa factor pendukung dan penghambat. Dari segi pendukung dapat di lihat dari kerjasama dengan beberapa KBIH dan juga dengan mitra-mitra yang lain, juga dari dana yang telah tersedia, dan perlindungan penuh dari pemerintah., dari segi penghambat seperti aspek-aspek pelayanan tertentu kurang optimal, seperti Sumber daya manusia yang kurang memadai sehingga banyak pekerjaan yang tumpang tindih. Dan pemotongan kuota 20% oleh pemerintah arab Saudi karena ada pembangunan disana, kebanyakan Jama’ah tidak bisa menerima kenyataan karena mereka mengalami penundaan keberangkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Jama’ah Haji; Haji dan Umrah; Layanan Haji
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 30 Oct 2014 08:18
Last Modified: 22 May 2021 11:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2620

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics