Manajemen ZIS Badan Amil Zakat : studi kasus strategi pemasaran BAZDA kabupaten Grobogan untuk meningkatkan jumlah muzakki PNS dan petani
Zuhri, Moh Syaifuddin (2014) Manajemen ZIS Badan Amil Zakat : studi kasus strategi pemasaran BAZDA kabupaten Grobogan untuk meningkatkan jumlah muzakki PNS dan petani. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
091311020_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (828kB) | Preview
091311020_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (457kB) | Preview
091311020_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (186kB) | Preview
091311020_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (342kB) | Preview
091311020_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (910kB) | Preview
091311020_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (90kB) | Preview
091311020_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (9kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan ZIS yang dilakukan oleh BAZDA Kabupaten Grobogan, strategi pemasaran ZIS yang diterapkan BAZDA Kabupatn Grobogan di kalangan PNS dan Petani, serta faktor yang membedakan strategi pemasaran di kalangan PNS dan Petani. Untuk memperoleh data peneliti melakukan observasi, wawancara langsung ke BAZDA Kabupaten Grobogan serta melakukan teknik dokumentasi untuk melengkapi hasil penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukan bahwa BAZDA kabupaten Grobogan dibentuk pemerintah untuk mengelola dana ZIS di tingkat kabupaten. BAZDA kabupaten Grobogan melakukan penghimpunan dari PNS, pegawai BUMN/BUMD, jama’ah Haji, dan masyarakat umum termasuk petani. Untuk meningkatkan jumlah muzakki BAZDA kabupaten Grobogan melakukan 3 pemasaran, melalui Gerakan sadar zakat, pembentukan UPZ di instansi/lembaga pemerintah, dan menyediakan layanan e-banking.
Pengelolaan ZIS BAZDA ditentukan oleh UU namun untuk pelaksanaannya menyesuaikan, ada 2 pola dalam pengelolaan ZIS yaitu penghimpunan dan pemberdayagunaan. Untuk strategi pemasaran BAZDA di kalangan PNS sudah terbilang berhasil namun untuk strategi pemasaran di kalangan petani masih belum terpacai dengan baik. Faktor-faktor yang membedakan dalam strategi pemasaran di kalangan PNS dan petani ada pada segmentasi, target pasar, positioning dan merek yang di pakai oleh BAZDA kabupaten Grobogan agar strategi pemasaran ZIS dapat maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Badan Amil Zakat; Pemasaran Zakat; Muzakki; Zakat Infaq Sedekah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.) |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD) |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 30 Oct 2014 08:19 |
Last Modified: | 22 May 2021 11:43 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2621 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year