Pengaruh profitabilitas, leverage, dan Corporate Social Responbility (CSR) terhadap agresivitas pajak : studi empiris pada perusahaan sektor barang konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2022

Awalia, Putri (2024) Pengaruh profitabilitas, leverage, dan Corporate Social Responbility (CSR) terhadap agresivitas pajak : studi empiris pada perusahaan sektor barang konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_2005046054_PUTRI_AWALIA] Text (SKRIPSI_2005046054_PUTRI_AWALIA)
2005046054_Putri Awalia_FULL_SKRIPSI - 054_Putri Awalia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan Pasal 1 angka 1 Undang-Undang No. 28 Tahun 2007, pajak merupakan kontribusi wajib oleh orang atau badan kepada negara yang terutang berdasarkan undang-undang, dengan tidak mendapatkan timbal balik secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi kemakmuran rakyat. Penerimaan pajak di Indonesia belum memenuhi target, dilihat dari perolehan tahun 2019 yang hanya teralisasikan 84,5%. Salah satu penyebabnya yaitu penerimaaan pajak yang terendah dari pajak badan atau perusahaan, seperti halnya perusahaan sektor barang konsumen primer yang tumbuh minus 19,6 % ditahun 2019 dan salah satunya disebabkan karena terjadi tindakan agresivitas pajak. Faktor-faktor yang memperngaruhi agresivitas pajak dalam penelitian ini adalah profitabilitas, leverage, dan corporate social responbility (CSR).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengertahui pengaruh profitabilitas, leverage, corporate social responbility (CSR) terhadap agresivitas pajak. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengampilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Dari populasi perusahaan sektor barang konsumen primer sebanyak 76 didapatkan 19 perusahaan yang digunakan sebagai sampel penelitian ini. Analisis regresi yang digunakan adalah regresi data panel menggunakan software eviews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap agresivitas pajak. Sedangkan leverage dan CSR tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas; Leverage; Corporate Social Responbility (CSR); Agresivitas Pajak
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 17 Mar 2025 07:18
Last Modified: 17 Mar 2025 07:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26259

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics