Analisis faktor yang mempengaruhi kegunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce berdasarkan Technology Acceptance Model2 (TAM2) : studi kasus pada UMKM di Kota Semarang

Abi, Rifky Naufal (2024) Analisis faktor yang mempengaruhi kegunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce berdasarkan Technology Acceptance Model2 (TAM2) : studi kasus pada UMKM di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_2005046029_RIFKY_NOUFAL_ABI] Text (SKRIPSI_2005046029_RIFKY_NOUFAL_ABI)
2005046029_RIFKY NOUFAL ABI_Lengkap Tugas Akhir - Rifky Naufal Abi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi kemudaahan, persepsi kebermanfaata, dan pengaruh sosial terhadap perilaku penggunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce. Dalam penelitian kali ini, penulis menggunakan teori Technology Acceptance Model (TAM) yang merupakan hasil penerapan model Theory of Reasoned Action (TRA) yang dikemukakan oleh Ajzen dan Fisbein (1980), yang mengungkapkan bahwa reaksi dan persepsi seseorang terhadap sesuatu dapat menentukan sikap dan perilaku yang akan diambil seseorang di masa depan. Persepsi kemudahan didefinisikan sebagai sebagai suatu ukuran dimana seseorang percaya bahwa komputer dapat dengan mudah dipahami dan digunakan. Persepsi kebermanfaatan didefinisikan sebagai ukuran terhadap kesanggupan atau kemampuan dari sebuah teknologi dalam mendatangkan manfaat bagi penggunanya. Pengaruh sosial didefinisikan sebagai sejauh mana seorang individu mempersepsikan kepentingan yang dipercaya orang lain yang mempengaruhinya menggunakan sistem baru. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil dari populasi penelitian ini sebanyak 120 pelaku UMKM di Kota Semarang dengan menggunakan metode puprosive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Statistical package for the social sciences (SPSS) versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi kemudahan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce, persepsi kebermanfaatan berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce dan pengaruh sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: persepsi kemudahan; persepsi kebermanfaatan; pengaruh sosial; sistem informasi akuntansi; e-commerce
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 19 Mar 2025 04:03
Last Modified: 19 Mar 2025 04:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26301

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics