Pendampingan siswa dan anak putus sekolah dalam program pengelolaan lingkungan hidup di Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang
Yulianto, Nur (2024) Pendampingan siswa dan anak putus sekolah dalam program pengelolaan lingkungan hidup di Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of SKRIPSI_NUR YULIANTO_2001046054]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2001046054_Nur Yulianto_Lengkap Tugas Akhir - NUR YULIANTO UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Program ini adalah bentuk inisiatif dari guru SMP Sekolah Alam Gunung Mendelem yang dibentuk menjadi tim fasilitator untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa serta anak putus sekolah dalam menjaga dan mengelola lingkungan hidup. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses pendampingan siswa dalam program pengelolaan lingkungan hidup di Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang, (2) Bagaimana hasil pendampingan siswa dalam program pengelolaan lingkungan hidup di Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pendampingan siswa dalam program pengelolaan lingkungan hidup yang berada di Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang dan hasil dari pendampingan siswa dalam program pengelolaan lingkungan hidup di Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. Metode penelitian melibatkan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini menunjukkan bahwa proses pendampingan siswa dalam program pengelolaan lingkungan hidup di Kecamatan Belik dilakukan oleh Tim Fasilitator SMP Sekolah Alam Gunung Mendelem dengan berfokus kepada siswa dan anak putus sekolah. Proses pendampingan siswa melalui empat tahap, yaitu tahap pemberian materi pengelolaan lingkungan hidup, kegiatan praktis pengelolaan lingkungan hidup, pendampingan kelompok, dan evaluasi kegiatan. Sedangkan proses pendampingan anak putus sekolah melalui lima tahapan, yaitu tahap identifikasi anak putus sekolah di Desa Mendelem, komunikasi dengan orang tua, penjelasan materi pengelolaan lingkungan hidup, praktek pengelolaan lingkungan hidup, dan evaluasi kegiatan. Kedua, hasil dari pendampingan siswa dan anak putus sekolah dalam program pengelolaan lingkungan hidup ini antara lain, Pendampingan siswa: Perubahan perilaku siswa, peningkatan pengetahuan siswa, dan penurunan sampah di sekolah. Pendampingan anak putus sekolah: Minat bersekolah kembali, menumbuhkan kesadaran lingkungan, meningkatkan keterampilan dan pengetahuan anak putus sekolah, menyejahterakan anak putus sekolah, dan mempersiapkan generasi cinta lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendampingan siswa; Anak putus sekolah; Tim fasilitator; Pengelolaan lingkungan hidup |
Subjects: | 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam |
Depositing User: | Wati Rimayanti |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 02:37 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 02:37 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26351 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year